Cara dan Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup, Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup, upaya pelestarian lingkungan hidup, usaha pelestarian lingkungan hidup, upaya pelestarian lingkungan, cara melestarikan lingkungan.

Pemanfaatan tumbuhan dan hewan secara berlebihan dalam waktu singkat dapat menyebabkan jenis-jenis tersebut tidak mampu berkembang biak untuk menggantikan yang telah mati.

Hal ini menyebabkan penurunan jumlah spesies secara drastis. Bila makhluk hidup sudah punah, kita tidak dapat lagi memperoleh keuntungan.

Agar keanekaragaman makhluk hidup dapat terus lestari dan mampu memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada manusia, pemanfaatannya harus secara bijaksana.

Cara dan Usaha Pelestarian Makhluk Hidup

Beberapa usaha penyelamatan dan pelestarian keanekaragaman makhluk hidup sebagai berikut.

1. Sistem tebang pilih dengan cara memilih tanaman yang bila ditebang tidak sangat berpengaruh terhadap ekosistem.

2. Peremajaan tanaman dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil dengan mempersiapkan tanaman pengganti.

3. Penangkapan musiman yang dilakukan pada saat populasi hewan paling banyak dan tidak pada saat kondisi yang dapat mengakibatkan kepunahan. Contohnya tidak berburu pada saat musim berkembang biak.

4. Pembuatan cagar alam dan tempat perlindungan bagi tumbuhan dan hewan langka seperti suaka margasatwa dan taman nasional. Tempat-tempat tersebut melindungi flora atau fauna yang sudah terancam punah.

5. Pembuatan dan perbaikan pengaturan spesimen tumbuhan dan hewan guna mempermudah sistem informasi keanekaragaman makhluk hidup.

6. Membudidayakan tumbuhan dan hewan langka. Misalnya membudidayakan tumbuhan langka melalui kultur jaringan serta penangkaran hewan langka.
Cara dan Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup
Gambar: Contoh Cara Pelestarian Makhluk Hidup

Itulah beberapa contoh upaya pelestarian terhadap keanekaragaman makhluk hidup. Oleh karena itu, mulailah dari diri kalian untuk ikut serta menjaga keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitar kalian!

Lakukan kegiatan-kegiatan untuk menyelamatkan dan melestarikan hewan dan tumbuhan sesuai kemampuan kalian. Ingatkan juga masyarakat sekitar kalian untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan dan sarankan agar senantiasa menjaga kelestariannya!

Demikian pembahasan tentang usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup, Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup, upaya pelestarian lingkungan hidup, usaha pelestarian lingkungan hidup, upaya pelestarian lingkungan, cara melestarikan lingkungan.

0 Response to "Cara dan Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup"

Post a Comment