Rumus Perbesaran Mikroskop dan Contoh Soalnya

Loading...
Setelah mengetahui tentang bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya dan memahami bagaimana cara menggunakan mikroskop dengan baik dan benar.

Maka pada kesempatan ini kami akan jelaskan tentang perbesaran mikroskop yang meliputi bidang pandang mikroskop, perbesaran mikroskop, rumus perbesaran mikroskop, contoh soal perbesaran mikroskop, pengertian perbesaran mikroskop.

Perbesaran Mikroskop

Lensa okuler dan objektif pada sebuah mikroskop mempunyai perbesaran yang bekerja secara bersamaan. Keduanya bekerja sama untuk memperbesar bayangan (penampakan) objek yang diamati.

Lensa okuler memiliki perbesaran 10×, 15×, dan 40×, sedangkan lensa objektif memiliki perbesaran 10×, 40×, dan 100×. Perbesaran yang bekerja secara bersamaan disebut perbesaran total.

Perbesaran total mikroskop dapat dibedakan menjadi perbesaran lemah (<500×) dan perbesaran kuat (>500×).

Rumus Perbesaran Mikroskop dan Contoh Soalnya

Contoh:
Dari perbesaran lensa okuler 10× dan objektif 40× diperoleh perbesaran total:
Mtot = Mok × Mob
       = 10 × 40
       = 400×

Cara Memperkirakan Ukuran Sebenarnya

Objek yang diamati menggunakan mikroskop dapat diperkirakan ukuran sebenarnya. Kalian dapat menggunakan bidang pandang mikroskop dan bayangan objek untuk mengetahui ukuran sel sebenarnya. Bagaimanakah caranya?

1) Bidang Pandang Mikroskop

Bidang pandang mikroskop adalah penampakan wilayah terang yang digunakan untuk pengamatan suatu objek. Coba perhatikan Gambar berikut!
Rumus Perbesaran Mikroskop dan Contoh Soalnya
Gambar: Bidang pandang mikroskop

Diameter bidang pandang mikroskop dapat diukur menggunakan mikrometer. Perhatikan Gambar berikut!
Rumus Perbesaran Mikroskop dan Contoh Soalnya
Gambar: Cara mengukur diameter bidang pandang mikroskop dengan mikrometer

Setiap perbesaran menunjukkan diameter bidang pandang yang berbeda. Semakin tinggi tingkat perbesaran, semakin kecil diameter bidang pandang yang terlihat.

2) Menentukan Ukuran Objek

Pada saat menentukan ukuran objek yang sebenarnya, selain bidang pandang mikroskop, bayangan objek juga harus diketahui.

Ukuran objek dapat ditentukan dengan memperkirakan luas wilayah yang ditempati oleh bayangan objek pada bidang pandang saat pengamatan. Perhatikan Gambar berikut!
Rumus Perbesaran Mikroskop dan Contoh Soalnya
Gambar: Memperkirakan ukuran objek yang diamati melalui mikroskop

Ukuran bidang pandang mikroskop dan bayangan objek digunakan untuk memperkirakan ukuran objek yang sebenarnya. Caranya dengan membandingkan ukuran bayangan objek yang diamati dengan diameter bidang pandang lensa mikroskop.

0 Response to "Rumus Perbesaran Mikroskop dan Contoh Soalnya"

Post a Comment