Pengertian dan Contoh Campuran Homogen dan Campuran Heterogen beserta Sifat-sifat Campuran

Berikut ini merupakan pembahasan tentang sifat sifat campuran, campuran homogen, campuran heterogen, pengertian campuran homogen, pengertian campuran heterogen, contoh campuran homogen, contoh campuran heterogen, macam macam campuran, jenis jenis campuran.

Sifat-sifat Campuran

Setiap unsur, mempunyai sifat-sifat fisis tertentu. Dalam campuran, setiap unsur masih mempertahankan sifat-sifat aslinya.

Oleh karena itu, campuran dapat dipisahkan dengan cara yang mudah tanpa reaksi kimia. Misalnya campuran besi dan belerang dapat dipisahkan dengan magnet. Besi akan tertarik oleh magnet sementara belerang tidak dapat ditarik magnet.
Gambar: Contoh Campuran Besi dan Belerang

Macam-macam Jenis Campuran

Campuran terdiri atas campuran homogen dan campuran heterogen. Larutan gula merupakan campuran antara air dengan gula. Campuran ini sudah bercampur secara sempurna.

Oleh karenanya tidak dapat dibedakan lagi antara gula dan air. Campuran ini juga memiliki warna dan rasa yang sama pada setiap bagiannya. Campuran seperti ini dinamakan campuran homogen. 
Campuran homogen adalah campuran dengan zat penyusun nya terdiri dua zat atau lebih yang tersebar secara merata atau campuran yang tiap bagiannya atau komposisinya serba sama.
Campuran homogen disebut juga larutan. Larutan terdiri atas dua bagian, yaitu zat terlarut dan pelarut. Zat terlarut jumlahnya sedikit, misalnya gula. Sementara itu, pelarut jumlahnya lebih banyak, misalnya air.

Campuran kopi dengan air masih dapat dibedakan antara zat terlarut dengan pelarutnya. Campuran seperti ini dinamakan campuran heterogen.
Campuran heterogen adalah campuran dengan komposisi yang tidak seragam di seluruh campuran atau suatu campuran yang terdiri dari dua bahan atau lebih yang memiliki fasa yang berbeda. 
Contohnya adalah pasir dimasukkan kedalam air, campuran ini merupakan campuran heterogen karena terdiri dari bahan-bahan yang memiliki fase berbeda, pasir dalam fase padatan dan air dalam fase cair.

Demikian pembahasan tentang sifat-sifat campuran, macam-macam jenis campuran serta pengertian campuran homogen dan campuran heterogen dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Campuran Homogen dan Campuran Heterogen beserta Sifat-sifat Campuran"

Post a Comment