Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju (Kecepatan) Reaksi Kimia

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, pengaruh konsentrasi terhadap kecepatan reaksi, pengaruh suhu terhadap laju reaksi, faktor faktor yg mempengaruhi laju reaksi.

Faktor-Faktor Apa Sajakah yang Memengaruhi Kecepatan Reaksi?

Setiap reaksi kimia berlangsung dengan waktu berbeda-beda. Ada reaksi yang berlangsung lambat, sangat lambat, cepat, dan sangat cepat. Reaksi perkaratan besi tergolong reaksi lambat karena memerlukan waktu berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Sementara itu, meledaknya bom merupakan reaksi yang sangat cepat karena berlangsung dalam beberapa detik.

1. Banyak Sedikitnya Atom atau Molekul

Teori tumbukan merupakan cara yang tepat untuk menjelaskan seberapa cepat atau seberapa lambat reaksi kimia terjadi. Teori ini menyatakan bahwa reaksi kimia terjadi akibat tumbukan antara atom dan molekul.
Semakin banyak atom dan molekul dalam ruang tertentu, semakin tinggi tumbukan dalam ruang tersebut. 
Akibatnya, kecepatan reaksi kimia juga semakin tinggi. Atom dan molekul yang bereaksi hanyalah yang berada di permukaan. Bagaimana hubungan antara ukuran materi, luas permukaan, dan kecepatan reaksi?

2. Besar Kecilnya Ukuran dan Luas Permukaan Partikel

Hanya molekul-molekul zat yang ada di permukaan zat padat yang dapat bereaksi dengan zat lainnya. Mengubah ukuran zat padat menjadi partikel-partikel yang lebih kecil berarti meningkatkan luas permukaannya.
Gambar: Dalam berat yang sama, semakin kecil ukuran partikel,
semakin besar kemungkinan terjadinya tumbukan.
Hal ini akan meningkatkan kecepatan reaksinya. Semakin kecil ukuran partikel, semakin cepat reaksi kimia berlangsung.
Materi yang berbentuk serbuk mempunyai permukaan bidang sentuh lebih banyak dibandingkan dengan materi berbentuk kepingan dalam berat yang sama.

Akibatnya, materi berbentuk serbuk lebih mudah bertumbukan dengan materi lain. Adanya tumbukan antar materi inilah yang menyebabkan terjadinya reaksi. Jadi, semakin banyak terjadi tumbukan, semakin cepat terjadi reaksi.

3. Tinggi Rendahnya Suhu

Selain ukuran materi, suhu juga memengaruhi kecepatan reaksi. Reaksi kimia terjadi karena adanya tumbukan molekul-molekul zat yang bereaksi. Tumbukan ini terjadi akibat adanya energi kinetik. Besarnya energi kinetik dipengaruhi oleh suhu.
Semakin tinggi suhu, energi kinetik semakin bertambah. Bertambahnya energi kinetik menyebabkan tumbukan antarmolekul zat semakin cepat. Oleh karena itu, reaksi juga semakin cepat terjadi.
Demikian pembahasan tentang beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi kimia, dilengkapi dengan penjelasannya masing-masing.

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju (Kecepatan) Reaksi Kimia"

Post a Comment