Dampak Negatif dan Bahaya Minuman Keras (Alkohol) beserta Macam-macamnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu jenis zat adiktif  yaitu minuman keras atau minuman beralkohol yang meliputi bahaya alkohol, bahaya minuman keras, bahaya minuman beralkohol, dampak negatif minuman keras, dampak negatif alkohol, dampak negatif minuman beralkohol, macam macam minuman keras, jenis jenis menuman keras, contoh minuman keras.

Pengertian Minuman Keras (Alkohol)

Minuman keras dapat merusak kesehatan jasmani dan rohani. Minuman keras mengandung alkohol sehingga dapat menyebabkan timbulnya rasa ketagihan dan ketergantungan.
Alkohol adalah senyawa organik yang mengandung satu atau lebih gugus hidroksida (gugus fungsi –OH) pada setiap molekulnya. Alkohol yang terkandung dalam minuman keras adalah etanol (C2H5OH).
Alkohol dibuat melalui fermentasi berbagai jenis bahan yang mengandung gula, misalnya buah-buahan (anggur), bijibijian (beras dan gandum), dan umbi-umbian (singkong).

Untuk mendapatkan kadar alkohol yang lebih tinggi dilakukan dengan penyulingan. Alkohol (etanol) berkhasiat menekan aktivitas susunan saraf dan dalam bidang kedokteran berfungsi sebagai depresan.

Macam-macam Jenis Alkohol

Alkohol dalam minuman keras digolongkan sebagai berikut.

1) Golongan A, kadar etanol 1% – 5%, contoh: bir.

2) Golongan B, kadar etanol 5% – 20%, contoh: anggur, whiskey.

3) Golongan C, kadar etanol 20% – 55%, contoh: brandy, arak.
Gambar: Macam-macam Contoh Minuman Keras

Dampak Negatif dan Bahaya Minuman Keras (alkohol)

Alkohol yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan, seperti lambung dan usus sehingga dapat menimbulkan pendarahan.

Lambung yang terluka dapat menimbulkan penyakit maag, sedangkan usus yang berlubang menyebabkan terganggunya penyerapan makanan.

Hal ini dapat menyebabkan badan menjadi kurus karena kekurangan gizi dan nutrisi. Alkohol juga berdampak pada kesehatan rohani karena alkohol dapat bereaksi langsung dengan sel-sel saraf pusat (otak) sehingga dapat menyebabkan gangguan mental, seperti mudah marah dan tersinggung.

Dalam jumlah sedikit, hati masih dapat membuang alkohol dari dalam tubuh. Akan tetapi, dalam jumlah yang banyak kerja hati akan berat. Hal ini dapat menyebabkan pengerutan hati, sakit lever, dan kanker hati.

Sama halnya dengan rokok, ibu hamil yang meminum minuman keras (beralkohol tinggi) dapat menghambat pertumbuhan janin sehingga bayi yang lahir kemungkinan besar akan cacat fisik.

Dampak Sosial Minuman keras

Secara sosial, minuman keras membawa dampak buruk. Beberapa kasus kejahatan dilakukan di bawah pengaruh minuman keras, bahkan kecelakaan lalu lintas juga sering terjadi akibat pengendara minum minuman keras.

Oleh karena itu, jauhilah minuman keras. Selain diharamkan oleh agama, minuman keras tidak ada sedikit pun nilai positifnya malahan lebih banyak nilai negatifnya. Jadi, jika kamu sayang terhadap diri sendiri dan masa depanmu yang masih panjang, jauhilah minuman keras!

1 Response to "Dampak Negatif dan Bahaya Minuman Keras (Alkohol) beserta Macam-macamnya"

  1. Liquor is very dangerous for human health , many people who have died because of the liquor that is not stopping his drinking someone
    http://www.sanadomino.com

    ReplyDelete