Ciri-Ciri Terjadinya Reaksi Kimia Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Loading...
Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang ciri ciri reaksi kimia yang meliputi ciri ciri terjadinya reaksi kimia, ciri ciri perubahan kimia, ciri ciri terjadinya reaksi kimia, 10 atau 15 contoh perubahan kimia, dan contoh reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-Ciri Apa Sajakah yang Menyertai Reaksi Kimia?

Pernahkah kalian menyaksikan pesta kembang api? Kembang api setelah dibakar dapat menghasilkan berbagai warna yang indah. Aneka warna pada kembang api ini berasal dari hasil pembakaran unsur-unsur penyusun kembang api.

Peristiwa kembang api ini merupakan contoh reaksi kimia. Apa sajakah ciri-ciri yang menyertai terjadinya reaksi kimia?

1. Reaksi Kimia Menghasilkan Perubahan Warna

Salah satu ciri reaksi kimia yaitu terdapatnya perubahan warna suatu zat setelah bereaksi dengan zat lain. Air sabun yang diberi larutan kubis berubah warna menjadi biru.

Cuka makan yang diberi larutan kubis berubah warna menjadi merah. Terjadinya perubahan warna menunjukkan telah terjadi reaksi antara larutan-larutan tersebut.

Demikian juga ketika sebagian cuka makan yang berwarna merah dituang ke dalam air sabun yang berwarna biru. Campuran kedua larutan ini menghasilkan perubahan warna.

Larutan yang sebelumnya berwarna biru berubah menjadi merah. Peristiwa ini disebabkan oleh terjadinya reaksi kimia antara asam dengan basa.

Hasilnya berupa larutan yang bersifat netral. Berdasarkan percobaan ini dapat disimpulkan bahwa terjadinya reaksi kimia diikuti perubahan warna.
Gambar: Contoh Reaksi Kimia

2. Reaksi Kimia Menghasilkan Perubahan Suhu

Kalian sudah mengetahui bahwa adanya perubahan warna merupakan salah satu ciri reaksi kimia. Apakah setiap reaksi kimia selalu menghasilkan perubahan warna? Jika tidak, perubahan apa yang ditunjukkan dalam reaksi kimia selain perubahan warna?

Reaksi antara kapur tohor dengan air, seperti percobaan di atas menghasilkan perubahan suhu. Reaksi kimia yang disertai dengan perubahan suhu dikelompokkan menjadi dua, yaitu reaksi eksotermis dan reaksi endotermis.

Reaksi eksotermis merupakan reaksi yang menghasilkan panas. Reaksi ini ditandai dengan kenaikan suhu pada lingkungan (dinding gelas).

Reaksi endotermis merupakan kebalikan dari reaksi eksotermis, yaitu reaksi yang menyerap atau memerlukan panas.

Reaksi endotermis banyak dimanfaatkan oleh negara-negara Eropa untuk mencairkan salju, terutama salju yang menutupi jalan raya. Caranya, dengan menaburkan garam dapur di atas lapisan salju.

Pada proses ini salju akan menyerap panas dari lingkungan. Selanjutnya, panas inilah yang mengubah wujud salju menjadi air sehingga jalan raya bersih dari salju.

3. Reaksi Kimia Menghasilkan Endapan

Ciri lain yang menyertai terjadinya reaksi kimia yaitu terbentuknya endapan. Endapan sebagai hasil reaksi biasanya berada di dasar tempat berlangsungnya reaksi. Aktivitas berikut akan menunjukkan adanya endapan setelah berlangsungnya reaksi kimia.

Larutan perak nitrat setelah dicampur dengan larutan garam dapur, menghasilkan larutan yang keruh. Setelah beberapa saat terbentuk endapan putih di dasar tabung reaksi. Endapan putih ini merupakan senyawa perak klorida.

Senyawa ini terbentuk akibat reaksi kimia antara kedua larutan. Perak klorida merupakan senyawa baru dan tidak dapat diubah menjadi senyawasenyawa semula. Adapun reaksi yang terjadi sebagai berikut.


4. Reaksi Kimia Menghasilkan Gas

Saat ini banyak beredar di pasaran berbagai jenis minuman suplemen. Salah satunya berbentuk tablet efervesen. Apabila tablet efervesen dimasukkan dalam air, timbul gelembung-gelembung gas.

Tablet efervesen mengandung dua zat kimia, yaitu natrium bikarbonat (basa) dan asam sitrat (asam). Ketika tablet efervesen dicampur dengan air, zat-zat kimia bereaksi untuk menghasilkan gas karbon dioksida (CO2).

Terbentuknya gas ini ditandai dengan adanya gelembunggelembung udara dalam air seiring berkurangnya ukuran tablet efervesen. Semakin kecil tablet efervesen, gelembung udaranya semakin sedikit. Akhirnya semua tablet efervesen habis dan tidak terbentuk gelembung udara lagi.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa reaksi kimia dapat menghasilkan zat baru yang bersifat kekal. Adapun ciri-ciri yang menyertai terjadinya reaksi kimia sebagai berikut.

1. Terjadi perubahan warna

2. Adanya perubahan suhu

3. Terbentuknya endapan

4. Terbentuknya gas

Demikian pembahasan tentang Ciri Ciri Terjadinya Reaksi Kimia Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Loading...

0 Response to "Ciri-Ciri Terjadinya Reaksi Kimia Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment