Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang sebutkan ciri ciri makhluk hidup, ciri ciri makhluk hidup beserta gambarnya, ciri-ciri makhluk hidup beserta contohnya, ciri ciri organisme, ciri ciri khusus makhluk hidup.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Apa yang terjadi saat kamu menyentuh tumbuhan putri malu? Setelah disentuh, tangkai daun putri malu akan terkulai dan daunnya menutup. Hal ini membuktikan bahwa makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya.

Dengan kata lain, setiap makhluk hidup peka terhadap rangsang. Itulah salah satu ciri makhluk hidup. Apa saja ciri makhluk hidup yang lain?

Apa Sajakah Ciri-Ciri Makhluk Hidup?

Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan makhluk tidak hidup. Apakah ciri-ciri yang dimiliki makhluk hidup? Simaklah uraian berikut!

1. Bernapas

Semua makhluk hidup melakukan proses pernapasan. Ketika bernapas, makhluk hidup menghirup oksigen (O2) dan mengembuskan karbon dioksida (CO2).

Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.

2. Makan

Makhluk hidup perlu makan agar memperoleh energi untuk beraktivitas. Makanan juga digunakan untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak.

Tumbuhan hijau mampu memproduksi makanan sendiri melalui fotosintesis. Manusia dan hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri (heterotrof).

Oleh karena itu, manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan hijau baik secara langsung maupun tidak langsung. Perhatikan Gambar berikut!
Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap
Gambar: Tumbuhan sebagai sumber energi bagi seluruh makhluk hidup

3. Bergerak Aktif

Makhluk hidup dapat bergerak aktif. Ada dua macam gerak pada makhluk hidup, yaitu gerak pindah tempat dan gerak tidak pindah tempat. Manusia dan hewan pada umumnya dapat berpindah tempat.
Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap
Gambar: Perbedaan Gerak Hewan dan Tumbuhan

Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagian tubuhnya. Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui gerak pada tumbuhan!

Benarkah tumbuhan bergerak? Perhatikan tanaman bunga matahari pada pukul 07.00, 12.00, dan 17.00! Amatilah arah gerak bunga matahari pada jam-jam tersebut! Apa kesimpulan kalian?

4. Tumbuh

Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah sebagai proses penambahan biomassa yang tidak dapat kembali ke keadaan semula (irreversible). Amati proses pertumbuhan pada kecambah kacang berikut!
Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap
Gambar: Proses Pertumbuhan Biji Kacang

Bagaimana dengan manusia dan hewan? Manusia dan hewan juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan ditunjukkan oleh adanya perubahan tinggi dan berat badan.

5. Berkembang Biak

Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Misalnya hewan golongan mamalia berkembang biak dengan melahirkan. Buaya, kadal, dan beberapa ular berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan.

Tumbuhan dapat berkembang biak secara alami dan buatan. Perkembangbiakan alami pada tumbuhan yaitu secara kawin menggunakan biji dan secara tidak kawin, misalnya menggunakan spora, tunas, umbi, geragih, dan akar tinggal.
Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap
Gambar: Perkembangbiakan Pohon Pisang dengan Tunas

Perhatikan Gambar di bawah ini! Perkembangbiakan tumbuhan secara buatan, misalnya setek, mencangkok, merunduk, dan kultur jaringan.

6. Peka terhadap Rangsang

Makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa alat indra. Alat indra peka terhadap rangsang. Misalnya sungut bekicot peka terhadap sentuhan.

Tumbuhan tidak mempunyai alat indra, tetapi peka terhadap rangsang. Misalnya tumbuhan putri malu mengatupkan daunnya jika disentuh. Perhatikan Gambar di bawah ini!
Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap
Gambar: Sentuhan menyebabkan tangkai daun putri malu
terkulai dan daunnya menutup

7. Mengeluarkan Zat Sisa

Zat sisa merupakan zat yang tidak terserap atau tidak digunakan lagi oleh tubuh. Zat sisa harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika zat tersebut tertimbun dapat meracuni tubuh.

Berdasarkan proses kegiatan tubuh dan hasilnya, pengeluaran zat-zat sisa dapat dibedakan sebagai berikut.

a. Ekskresi, merupakan pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang biasanya berupa cairan dari dalam tubuh. Contoh: kelenjar keringat di bawah kulit akan mengeluarkan keringat, ginjal mengeluarkan urine.

b. Pernapasan, merupakan pengeluaran zat sisa metabolisme berupa CO2 dari proses pernapasan melalui hidung.

c. Defekasi, merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus. Tumbuhan mengeluarkan zat sisa metabolisme berupa uap air dan CO2 melalui stomata dan lentisel.

Uap air dikeluarkan melalui penguapan, sedangkan CO2 dikeluarkan melalui pernapasan. Pada udara dingin, uap air akan dikeluarkan dalam bentuk tetes-tetes air melalui ujung daun atau tepi daun (gutasi).

8. Beradaptasi

Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungan hidupnya dengan disertai perubahan struktur.

Makhluk hidup melakukan adaptasi agar dapat bertahan hidup dan dapat menghasilkan keturunan yang sesuai dengan lingkungan yang baru. Misalnya bentuk paruh burung yang bermacam-macam sesuai dengan jenis makanannya. Perhatikan Gambar di bawah!
Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap
Gambar: Macam-macam Bentuk Paruh Burung

Tumbuhan juga mampu beradaptasi. Contohnya tumbuhan kaktus yang hidup di daerah kering mempunyai daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan. Batang kaktus berdaging dan berkulit tebal untuk menyimpan air. Perhatikan Gambar di bawah!
Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap
Gambar: Pohon Kaktus

9. Memiliki Bahan Genetik

Bahan genetik pada makhluk hidup dapat berupa DNA (Deoxyribonucleic Acid) atau RNA (Ribonucleic Acid). DNA terdapat pada kromosom. Kromosom terdapat dalam inti sel.

Bahan genetik berperan dalam sintesis protein dan menentukan sifat-sifat genetik setiap individu. Perhatikan Gambar di bawah!
Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap
Gambar: Kelompok bentuk kromosom manusia

Kalian telah mempelajari ciri-ciri makhluk hidup. Semoga kalian memahami materi tersebut?

Demikian pembahasan tentang ciri ciri makhluk hidup beserta gambarnya, ciri-ciri makhluk hidup beserta contohnya, ciri ciri organisme, ciri ciri khusus makhluk hidup.

0 Response to "Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap"

Post a Comment