Cara Menjernihkan Air

Berikut ini merupakan pembahasan tentang bagaimana cara menjernihkan air? Atau cara membuat alat penjernih air, cara membuat saringan air sederhana, cara membuat saringan air bersih, cara membuat saringan air bersih, alat penjernih air sederhana, alat penjernih air.

Cara Menjernihkan Air

Air yang kita konsumsi tentu saja bukan sembarang air. Akan tetapi, air tersebut haruslah sehat. Air sehat artinya bersih dan terbebas dari berbagai mikrobia serta bahan kimia berbahaya. Ciri-ciri fisik air bersih antara lain bening dan tidak berwarna, tidak berasa, serta tidak berbau.

Secara garis besar, air dapat diolah melalui proses penyaringan (filtrasi) dan desinfektan. Desinfektan bertujuan untuk membunuh kuman yang terdapat dalam air.

1. Penyaringan atau Filtrasi

Di dalam air kemungkinan terdapat kotoran yang berupa partikel-partikel terlarut yang sulit mengendap. Oleh karena itu, agar kotoran dalam air mengendap perlu ditambahkan suatu zat.

Misalnya aluminium hidroksida. Bahan kimia ini dapat diperoleh dari tawas. Setelah kotoran mengendap, kotoran dipisahkan dan air dijernihkan dengan cara penyaringan atau filtrasi.

Penyaring yang biasa digunakan berupa lapisan pasir, kerikil, dan pecahan genting atau batu bata. Tahapan berikutnya berupa penyaringan menggunakan lapisan ijuk, arang, dan ijuk.

2. Pembunuhan Kuman atau Desinfektan

Pengolahan air bersih harus diimbangi dengan pemberian desinfektan. Hal ini karena dalam siklusnya air sangat mudah tercemar oleh kuman. Cara yang dilakukan untuk membunuh kuman yaitu dengan menambahkan kaporit ke dalam air.
Gambar: Penjernihan Air Secara Sederhana

Namun, adanya penambahan kaporit biasanya menyebabkan air menjadi berbau klorin. Bau tersebut dapat dihilangkan menggunakan arang pada penyaring.

Oleh karena itu, penambahan kaporit dilakukan sebelum air disaring. Pengolahan air secara sederhana, dapat dilakukan sesuai bagan pada Gambar di atas.

Dapatkah Air Laut Diubah Menjadi Air Tawar?

Di negara Timur Tengah jarang ditemukan sumber air tawar. Penyulingan air laut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air tawar. Proses ini dikenal dengan proses flash distillation.

Setiap harinya, dari proses ini dihasilkan 32 juta liter air tawar sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan dapat memenuhi kebutuhan air bagi para jemaah haji yang mencapai jutaan orang.

loading...

0 Response to "Cara Menjernihkan Air"

Post a Comment