Pengertian Suhu dan Kalor serta Alat Pengukur Suhu

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang suhu dan kalor yang meliputi pengertian suhu, pengertian kalor, alat pengukur suhu, definisi suhu, definisi kalor, alat ukur suhu, alat untuk mengukur suhu, alat pengukur suhu udara, alat pengukur suhu ruangan, alat untuk mengukur suhu udara.

Dalam kehidupan sehari-hari dapat dirasakan adanya udara sejuk, dingin, hangat dan panas. Untuk merasakan sejuk, dingin, hangat dan panas orang menggunakan indra perasa. Indra perasa manusia adalah kulit dan lidah.

Indra perasa tidak dapat digunakan untuk mengukur panasdingin suatu benda dengan tepat. Panas-dingin suatu benda atau derajat panas suatu benda dinyatakan secara tepat dengan suatu besaran. Apakah besaran tersebut?

Panas-dingin suatu benda dapat diukur dengan tepat menggunakan suatu alat. Mengenai panas-dingin suatu benda dan termometer akan dibahas dalam pembahasan ini.

Pengertian Suhu

Suhu adalah derajat (tingkat) panas suatu benda atau ukuran panas-dinginnya suatu benda. Suhu sering juga disebut temperatur. Suhu dapat dirasakan dan dapat diukur. 
Oleh karena dapat diukur, suhu termasuk besaran. Suhu, yang dilambangkan dengan T, termasuk besaran pokok. Besaran ini menggunakan satuan derajat (°)

Pengertian Kalor (Panas)

Suhu tidak sama dengan panas (kalor). Kalor (Panas) adalah sejenis energi yang dapat dimiliki oleh suatu benda. 
Ketika dipanaskan, misalnya dibakar, sepotong besi atau tembaga mendapatkan banyak energi panas. Energi panas menjadikan potongan besi atau tembaga tersebut bersuhu tinggi atau panas. Ketika dingin, potongan besi atau tembaga itu menjadi bersuhu lebih rendah.
Pengertian Suhu dan Kalor serta Alat Pengukur Suhu
Gambar: Termometer dan Bagian-bagiannya

Alat Pengukur Suhu

Alat pengukur suhu disebut termometer. Gambar di atas memperlihatkan bentuk dasar termometer beserta bagian-bagiannya.

0 Response to "Pengertian Suhu dan Kalor serta Alat Pengukur Suhu"

Post a Comment