Macam-macam Jenis Termometer beserta Gambarnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang termometer yaitu meliputi macam macam termometer, jenis jenis termometer, gambar termometer, gambar termometer bimetal, termometer ruang, gambar termometer alkohol, termometer klinik, termometer digital bayi, termometer termistor, termometer inframerah, termometer bimetal, jelaskan macam macam termometer, termometer laboratorium, termometer telinga, termometer raksa, termometer klinis, termometer ruangan.

Macam-macam Jenis Termometer

Hingga saat ini dikenal beberapa jenis termometer. Jenis termometer tersebut berdasarkan nama penemunya. Perbedaan jenis termometer tersebut terletak pada skala derajat suhu, patokan tetap titik bawah, dan patokan tetap titik atas.

a. Termometer Celsius

Termometer Celsius ditemukan oleh Andreas Celcius (1701–1744), seorang ahli fisika dari Swedia. Celcius menentukan titik tetap bawah skala termometer dengan patokan suhu es yang sedang mencair, yang diberi skala 0°.

Titik tetap atasnya berpatokan pada suhu air mendidih pada tekanan 76 cmHg, yang diberi skala 100°. Satuan suhu yang diukur menggunakan termometer Celsius yaitu derajat celsius, ditulis: °C.

b. Termometer Reamur

Termometer ini dikenalkan oleh Reamur, seorang ahli fisika berkebangsaan Prancis. Reamur menentukan titik tetap bawah dan titik tetap atas skala termometer sama seperti Andreas Celcius.

Namun, Reamur memberi skala 0° untuk titik tetap bawah dan 80° untuk titik tetap atas termometernya. Satuan suhu yang diukur menggunakan termometer Reamur yaitu derajat reamur, ditulis: °R.
Macam-macam Jenis Termometer beserta Gambarnya
Gambar: Macam-macam Termometer

c. Termometer Fahrenheit

Termometer jenis ini dikenalkan oleh Gabriel D. Fahrenheit, seorang ahli fisika berkebangsaan Jerman. Fahrenheit menetapkan titik tetap bawah, yaitu suhu campuran es dan garam amonium klorida.

Titik ini ditetapkan menjadi 0°F. Suhu campuran air dan es (titik beku air) pada termometer Fahrenheit diberi skala 32°F. Sementara titik tetap atas termometer ini, yaitu suhu air mendidih diberi skala 212°F.

Adanya perbedaan titik tetap bawah dan atas ketiga jenis termometer menyebabkan munculnya hubungan menarik dari ketiga skala tersebut. Hubungan tersebut yaitu pada perubahan nilai (konversi) antarsatuan suhu.

Di antara ketiga jenis termometer tersebut, yang umum digunakan di Indonesia yaitu termometer Celsius. Di beberapa negara, seperti Inggris dan Amerika Serikat, termometer Fahrenheit lebih sering digunakan.

Akan tetapi, skala untuk satuan suhu dalam Sistem Internasional (SI) atau yang disebut skala termodinamika menggunakan skala Kelvin.

d. Termometer Kelvin

Lord Kelvin, seorang ilmuwan Inggris (1824–1907) mencoba sesuatu yang berbeda pada termometer Celsius. Kelvin menggunakan termometer Celsius dengan mengubah skala titik tetap atas dan titik tetap bawahnya.

 100°C = 373 K
    0°C = 273 K
    0 K = –273°C

Suhu yang dinyatakan dengan skala Kelvin disebut suhu mutlak dan dilambangkan dengan T.

loading...

0 Response to "Macam-macam Jenis Termometer beserta Gambarnya"

Post a Comment