Macam-macam Contoh Alat Ukur Besaran Panjang yang Paling Teliti

Loading...
Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu besaran, yaitu besaran panjang yang meliputi alat ukur besaran panjang, alat ukur panjang, alat ukur panjang yang paling teliti, macam macam alat ukur panjang, contoh alat ukur panjang.

Macam-macam Alat Ukur Panjang

Saat ini terdapat berbagai macam alat pengukur panjang, misalnya meteran atau penggaris, meteran kelos (rol meter), jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

a. Meteran

Meteran atau mistar untuk mengukur panjang bendabenda yang tidak terlalu panjang dan lurus, misalnya panjang meja, buku, pensil, dan kain.
Mistar mempunyai skala terkecil 1 mm dengan ketelitian pengukuran hingga 0,5 mm.
Macam-macam Contoh Alat Ukur Besaran Panjang yang Paling Teliti
Gambar: Mistar digunakan untuk mengukur panjang benda-benda yang tidak terlalu panjang dan lurus

b. Meteran Kelos

Meteran kelos atau meteran gulung untuk mengukur jarak yang agak jauh. Misalnya lebar jalan, panjang halaman, dan jarak lompatan. Meteran kelos juga digunakan untuk mengukur panjang benda yang melengkung, misal lingkaran pohon dan keliling.
Meteran kelos mempunyai skala terkecil 1 mm dengan ketelitian pengukuran hingga 0,5 mm.
Macam-macam Contoh Alat Ukur Besaran Panjang yang Paling Teliti
Gambar: Meteran Kelos

c. Jangka Sorong

Jangka sorong, digunakan untuk mengukur benda dengan panjang maksimum 10 cm. Alat ini serba guna, misalnya selain untuk mengukur tinggi botol (≤ 10 cm), alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur diameter botol, baik diameter luar maupun diameter dalam, dan kedalaman botol.

Bagian terpenting dari jangka sorong sebagai berikut.

1) Rahang tetap, terdapat skala panjang yang disebut skala utama. Setiap skala menyatakan 1 mm.

2) Rahang geser (rahang sorong), terdapat skala pendek yang disebut nonius atau vernier.
Macam-macam Contoh Alat Ukur Besaran Panjang yang Paling Teliti
Gambar: Bagian-bagian Jangka Sorong

Jangka sorong memiliki nonius dengan panjang 9 mm yang terbagi atas 10 skala yang sama. Pembagian ini mengakibatkan beda satu skala nonius dan satu skala utama sebesar 0,1 mm atau 0,01 cm. Dengan demikian, ketelitian jangka sorong sebesar 0,1 mm.
Baca Selengkapnya: Cara Membaca Jangka Sorong

d. Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda dengan tebal maksimum 2,5 cm atau bendabenda tipis. Misalnya untuk mengukur diameter kabel listrik, diameter gotri (bola baja), ketebalan seng, atau ketebalan kertas.

Mikrometer sekrup mempunyai dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius (skala putar) yang terdapat di selubung luar. Skala nonius biasanya terdiri atas 50 skala.
Macam-macam Contoh Alat Ukur Besaran Panjang yang Paling Teliti
Gambar: Bagian-bagian Mikrometer Sekrup

Jika selubung luar diputar sekali, rahang geser dan juga selubung luar akan maju atau mundur sejauh 0,5 mm. Satu kali putaran lengkap selubung luar sama dengan jarak maju atau mundur rahang geser sejauh 0,5mm/50 = 0,01 mm. Jadi, ketelitian mikrometer sekrup 0,01 mm.
Baca Selengkapnya: Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Demikian pembahasan lengkap tentang macam-macam alat ukur besaran panjang dilengkapi dengan angka ketelitian masing-masing, semoga bermanfaat.

Loading...

0 Response to "Macam-macam Contoh Alat Ukur Besaran Panjang yang Paling Teliti"

Post a Comment