Definisi atau Pengertian Besaran, Satuan dan Pengukuran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian besaran, pengertian satuan, pengertian pengukuran, definisi besaran, definisi satuan, definisi pengukuran.

Pengertian Besaran

Besaran adalah sesuatu yang dapat di ukur dan dinyatakan dalam nilai dengan satuan-satuan tertentu. 

Dalam pengertian yang laing. besaran dapat juga diartikan sebagai pernyataan yang mengandung pengertian ukuran dan memiliki satuan atau hal-hal yang akan diketahui ukurannya.

Dalam ilmu fisika, besaran dan satuan merupakan salah dua hal pokok dalam konsep pengukuran. Ada bermacam-macam jenis besaran menurut kajian ilmu fisika, yaitu: besaran pokok, besaran turunan, besaran vektor, dan besaran skalar.

Pengertian Satuan

Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran. Pengertian satuan lainnya adalah sesuatu yang digunakan untuk membandingkan ukuran suatu besaran. (PengertianAhli.com)
Dalam fisika dikenal 2 sistem satuan international, yaitu MKS dan cgs. Satuan international (SI) adalah sistem satuan yang digunakan secara international.

Syarat satuan ditetapkan sebagai SI yaitu; nilainya tetap, berlaku international, mudah ditiru dan diperbanyak, mudah diubah (dikonversi) ke satuan lain. Satuan juga dibagi menjadi Satuan baku dan Satuan tak baku.
Definisi atau Pengertian Besaran, Satuan dan Pengukuran Menurut Para Ahli
Gambar: Pengukuran

Pengertian Pengukuran

Mengukur adalah membandingkan sesuatu yang diukur dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan. Pengukuran dapat menggunakan satuan baku dan satuan tidak baku. 
Mengukur menggunakan satuan baku, misalnya mengukur panjang meja menggunakan mistar dengan satuan sentimeter. Adapun mengukur menggunakan satuan tidak baku, misalnya mengukur panjang meja menggunakan jengkal.

loading...

0 Response to "Definisi atau Pengertian Besaran, Satuan dan Pengukuran Menurut Para Ahli"

Post a Comment