Pengertian dan Rumus Panjang Gelombang, Periode, Frekuensi serta Cepat Rambat Gelombang

Loading...
Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang besaran-besaran gelombang yang meliputi pengertian panjang gelombang, pengertian periode gelombang, pengertian frekuensi gelombang, pengertian cepat rambat gelombang, rumus panjang gelombang, rumus periode gelombang, rumus frekuensi gelombang dan rumus cepat rambat gelombang dilengkapi dengan contoh soal panjang gelombang dan cepat rambat gelombang.

Besaran-besaran Gelombang

Besaran-besaran yang terkait dengan gelombang adalah sebagai berikut;

a. Panjang Gelombang

Panjang gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam satu periode. Pada gelombang transversal dan gelombang longitudinal, panjang gelombang adalah jarak antara dua titik yang memiliki fase gelombang yang sama.

Panjang gelombang dilambangkan dengan λ (dibaca: lambda). Dalam Sistem Internasional (SI), satuan panjang gelombang adalah meter (m).

b. Periode Gelombang

Periode adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan satu gelombang. Periode dilambangkan T, dan dalam Sistem Internasional (SI), satuannya adalah detik (s).

c. Frekuensi Gelombang

Frekuensi adalah jumlah gelombang yang terbentuk selama satu detik. Frekuensi dilambangkan dengan f. Dalam Sistem Internasional (SI), satuan frekuensi adalah Hertz (Hz).

d. Cepat Rambat Gelombang

Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang selama satu detik. Cepat rambat gelombang dilambangkan dengan v, dan dalam Sistem Internasional (SI), satuannya adalah m/s.

Hubungan antara cepat rambat gelombang (v), panjang gelombang (λ), periode (T), dan frekuensi (f) adalah:
Pengertian serta Macam-macam Jenis Gelombang (Transversal dan Longitudinal) dilengkapi dengan Rumus Periode dan Frekuensi Gelombang
Keterangan:
v = cepat rambat gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
T = periode (s)
f = frekuensi (Hz)

Contoh Soal Panjang Gelombang dan Cepat Rambat Gelombang

1. Sebuah gelombang mempunyai frekuensi 100 Hz. Jika gelombang tersebut merambat dengan kecepatan 10 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

Penyelesaian:
Diketahui: f = 100 Hz, v = 10 m/s
Ditanya: λ = ?

Jawab:
v = λ× f  ⇒ λ = v / f = 10/100 = 0,1
Jadi, panjang gelombangnya adalah 0,1 m = 10 cm

2. Sebuah gelombang dengan panjang gelombang 5 cm memerlukan waktu 0,01 detik untuk menempuh satu panjang gelombang. Berapakah cepat rambat gelombang tersebut?

Penyelesaian:
Diketahui: λ = 5 cm = 0,05 m
T = 0,01 s
Ditanya: v = ?

Jawab:
v =  λ/T = 0,05/0,01 = 5
Jadi, cepat rambat gelombang tersebut adalah 5 m/s.

Loading...

0 Response to "Pengertian dan Rumus Panjang Gelombang, Periode, Frekuensi serta Cepat Rambat Gelombang"

Post a Comment