Pengertian dan Macam-macam Contoh Alat Optik

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian alat optik, macam macam alat optik, contoh alat optik, jenis jenis alat optik.

Coba kamu perhatikan orang yang sedang melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop. Orang tersebut menggunakan matanya dan mikroskop untuk mengamati objek penelitiannya.

Mata dan mikroskop merupakan alat-alat optik. Apa yang dimaksud dengan alat optik? Apa fungsi dari masing-masing alat optik tersebut? Ayo pelajari pembahasan ini untuk menemukan jawabannya.

Pengertian Alat Optik

Alat optik adalah alat yang bekerja berdasarkan pada sifat cahaya sebagai gelombang elektromagnetik, di antaranya adalah pemantulan dan pembiasan. 
Pengertian dan Macam-macam Contoh Alat Optik
Bagan: Macam-macam Alat Optik

Macam-macam Contoh Alat Optik

Setelah memahami pengertian alat optik, berikut ini adalah beberapa contoh alat optik yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita.

1. Mata

Alat optik yang terpenting adalah mata. Dengan mata, kita dapat melihat benda di sekitar. Pada pembahasan sebelumnya, mata dapat melihat sebuah benda karena adanya pantulan berkas cahaya dari sebuah benda yang menuju mata.

Pada mata terdapat lensa yang berfungsi untuk mengatur bayangan benda agar tepat jatuh di retina. Karena mata bekerja berdasarkan pada prinsip pembiasan lensa, maka mata adalah sebuah alat optik.

Baca selengkapnya tentang Bagian-bagian mata dan macam-macam cacat mata.

2. Lup (Kaca Pembesar)

Jika kita perhatikan, buku telepon (Yellow Pages) ditulis dengan ukuran huruf yang sangat kecil. Untuk dapat membacanya, maka kita harus meletakkan mata kita sedekat mungkin dengan buku tersebut agar diperoleh sudut pandang yang sebesar-besarnya dan mata berakomodasi maksimum.

Namun, karena titik dekat kita berada pada jarak ± 25 cm, maka kita tidak dapat meletakkan mata kita lebih dekat lagi. Karena itu digunakan sebuah alat optik yang menggunakan lensa bikonveks yang disebut lup.

Baca selengkapnya tentang Pengertian Lup (Kaca Pembesar) dan Rumus yang terkait dengannya.

3. Mikroskop

Untuk melihat benda dengan ukuran yang sangat kecil atau renik dapat digunakan alat optik yang disebut dengan mikroskop. Mikroskop biasanya terdapat di laboratorium-laboratorium yang digunakan untuk melihat benda berukuran renik seperti sel, hewan bersel satu (contoh: amoeba), dan sebagainya.

Baca selengkapnya tentang Pengertian Mikroskop dan Rumus yang terkait dengannya.

4. Teleskop (Teropong)

Teropong atau teleskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh agar tampak lebih dekat dan jelas. Ada beberapa jenis teropong, yaitu teropong bintang, teropong bumi, dan teropong prisma.

Baca selengkapnya tentang Pengertian Teleskop (Teropong) dan Macam-macamnya.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Contoh Alat Optik"

Post a Comment