Pengertian dan Contoh Tenaga Endogen (Vulkanisme dan Tektonisme) serta Macam-macam Jenis Tenaga Endogen

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian tenaga endogen, macam macam tenaga endogen, jenis jenis tenaga endogen, contoh tenaga endogen, pengertian vulkanisme, dampak positif vulkanisme, pengertian teknonisme, akibat tenaga endogen dan proses endogen.

Permukaan bumi terbentuk karena adanya proses alamiah yang berlangsung terus-menerus. Peristiwa alamiah tersebut digerakkan oleh suatu tenaga alamiah yang berasal dari dalam maupun luar bumi.

Tenaga-tenaga yang berasal dari dalam bumi dan bersifat membentuk permukaan bumi dikenal sebagai tenaga endogen. Adapun tenaga-tenaga yang berasal dari luar bumi dan bersifat mengubah atau merusak permukaan bumi disebut tenaga eksogen.

Pengertian Tenaga Endogen

Pernahkah kamu merasakan atau mendengar berita tentang gempa bumi atau gunung meletus? Gempa bumi dan gunung meletus tersebut terjadi karena proses alam akibat tenaga dari dalam bumi atau tenaga endogen.
Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung, bukit, atau pegunungan. (Wikipedia)

Macam-macam Jenis Tenaga Endogen

Tenaga endogen secara umum ada dua macam, yaitu tektonisme dan vulkanisme.

1. Tektonisme

Tektonisme merupakan gejala alam yang berupa peristiwa pergerakan lapisan kerak bumi yang menyebabkan perubahan pada permukaan bumi.
Peristiwa alami karena tektonisme dapat berupa pelipatan, pergeseran, ataupun pengangkatan membentuk struktur permukaan bumi. Beberapa contoh bentuk alam yang disebabkan oleh gejala tektonisme antara lain adanya lembah, gunung, jurang, dan bukit.

2. Vulkanisme

Adapun gejala alam yang berupa peristiwa keluarnya magma dari perut bumi ke permukaan dinamakan vulkanisme.
Vulkanisme terjadi akibat tekanan gas di dapur magma yang temperaturnya tinggi, sehingga magma mendesak keluar. Aktivitas gunung berapi merupakan contoh peristiwa vulkanisme.
Pengertian dan Contoh Tenaga Endogen (Vulkanisme dan Tektonisme) serta Macam-macam Jenis Tenaga Endogen
Gambar: Contoh Peristiwa Vulkanisme

Peristiwa alam tektonisme dan vulkanisme terjadi karena pada dasarnya bentuk bumi ini tidak bulat sempurna. Bumi tersusun atas lempengan-lempengan besar atau lempeng tektonik yang selalu bergerak.

Setiap pergerakan suatu lempeng akan menyebabkan terjadinya gesekan dengan lempengan lainnya. Pergesekan tersebut akan terjadi di batas lempeng.

Tenaga endogen (tektonisme dan vulkanisme) dapat dirasakan oleh manusia berupa gempa. Gempa terjadi setelah peristiwa tektonik atau vulkanik yang menyeruak dari bawah ke atas sehingga menyentak permukaan bumi dan dirasakan sebagai gempa.

1 Response to "Pengertian dan Contoh Tenaga Endogen (Vulkanisme dan Tektonisme) serta Macam-macam Jenis Tenaga Endogen"

  1. Lumayan Lengkap nih!

    Kunjungi Blog Kategori Pendidikan membahas tentang ini lebih lengkap.
    http://www.ebookisg.com/2016/07/tenaga-endogen-vulkanisme-dan-dampaknya.html

    ReplyDelete