Definisi dan Pengertian Bunyi dalam Fisika

Loading...
Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang Bunyi yang meliputi definisi bunyi atau pengertian bunyi dan hal-hal yang terkait dengan bunyi yaitu tentang getaran dan gelombang.

Sirine pada mobil ambulans dapat mengeluarkan bunyi. Bunyi sirine merambat melalui udara sehingga dapat didengar oleh telinga. Bunyi sirine tersebut akan terdengar lebih keras jika mobil ambulans berada lebih dekat.

Apa yang dimaksud dengan bunyi? Seberapa cepat bunyi merambat dalam suatu medium? Bagaimanakah sifat-sifat gelombang bunyi?

Telinga adalah salah satu dari indera pada manusia yang penting. Tidak hanya pada manusia, telinga pun merupakan indera yang penting bagi hewan.

Tak dapat dipungkiri, indera yang satu ini adalah satu-satunya indera yang peka terhadap rangsangan bunyi. Tak terhitung betapa besar informasi yang dapat diperoleh melalui media bunyi.

Kita berkomunikasi dengan sesama manusia melalui media audio, emosi kita dipermainkan oleh suara petikan piano para pianis legendaris, bahkan menurut hasil penelitian, mendengarkan
musik klasik pada seorang bayi yang masih dalam kandungan ibunya mampu mengembangkan otaknya sejak dini.
Definisi dan Pengertian Bunyi dalam Fisika
Gambar: Cahaya Halilintar selalu Muncul Lebih awal daripada Bunyi Petirnya

Begitu banyak hal dalam kehidupan ini yang berkaitan dengan bunyi, sampai kita tidak bisa lepas dengan bunyi. Apa yang dinamakan dengan bunyi, dan bagaimana bunyi dapat terjadi?

Pada pembahasan sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa bunyi adalah salah satu gelombang longitudinal. Sedangkan, gelombang adalah getaran yang merambat.

Jadi, jelas bahwa bunyi terjadi karena adanya getaran. Bunyi dapat sampai ke telinga dari senar gitar yang dipetik karena gelombang bunyi dari gitar merambat melalui medium udara. Selain udara, bunyi pun dapat merambat melalui medium yang lain, seperti zat cair dan zat padat.

Pengertian Bunyi

Bunyi adalah gelombang longitudinal yang terjadi karena adanya getaran dan dapat merambat melalui medium yang lain sehingga dapat sampai ke telinga kita.
Demikian pembahasan singkat tentang bunyi, pengertian bunyi dah hal-hal yang terkait dengan bunyi.
Loading...

0 Response to "Definisi dan Pengertian Bunyi dalam Fisika"

Post a Comment