Dampak dan Akibat Pemanasan Global (Global Warming) serta Efek Rumah Kaca

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pemanasan global (global warming) yang meliputi dampak pemanasan global, akibat pemanasan global, efek rumah kaca, dampak global warming, akibat global warming, solusi pemanasan global, pencegahan global warming, artikel dan kliping tentang pemanasan global, serta sebab pemanasan global.

Pemanasan Global

Selain kejadian-kejadian yang terjadi pada lapisan litosfer, lapisan atmosfer mengalami peristiwa yang berpengaruh pada kelangsungan hidup di Bumi. Di antara peristiwa-peristiwa ini adalah pemanasan global.

Sinar Matahari yang menuju Bumi, tidak seluruhnya diserap oleh permukaan Bumi, tetapi sebagian dipantulkan oleh lapisan atmosfer yang terdiri atas gas dan debu. Karena aktivitas di Bumi, gas-gas baru dihasilkan oleh aktivitas tersebut, contohnya produksi gas karbon monoksida.

Gas ini akan naik hingga mencapai atmosfer. Di atmosfer, gas-gas ini bereaksi dengan gas-gas pada lapisan atmosfer yang disebut lapisan ozon. Karena reaksi ini lapisan ozon menjadi rusak sehingga menimbulkan kebocoran.

Akibat dari rusaknya lapisan ozon ini, menyebabkan lapisan ozon ini tidak mampu lagi menyaring panas dari Matahari sehingga Bumi mengalami pemanasan yang berlebih.
Dampak dan Akibat Pemanasan Global (Global Warming) serta Efek Rumah Kaca
Gambar: Mencairnya Gunung Es di Kutub sebagai Dampak Pemanasan Global 

Asap pabrik, asap kendaraan bermotor, pembakaran minyak bumi dan batu bara, penebangan liar, dan pembakaran hutan menyebabkan peningkatan gas CO2 di atmosfer.

Meningkatnya gas CO2 menyebabkan terjadinya peningkatan radiasi membumi yang terperangkap oleh gas-gas tersebut. Hal ini menyebabkan terjadi peningkatan suhu secara bertahap.

Gejala ini biasa disebut dengan pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim. Jika suhu Bumi meningkat maka lapisan es di kutub akan mencair sehingga volume air di dunia akan meningkat dan dapat merendam daratan.

Komposisi gas-gas di lapisan atmosfer harus seimbang. Jika lapisan atmosfer terlalu pekat sehingga panas dari Matahari seluruhnya dipantulkan ke angkasa luar, Bumi akan kekurangan panas sehingga suhu Bumi akan turun dan Bumi akan membeku.

Dampak dan Akibat Pemanasan Global

Bagaimana pengaruh proses-proses di lingkungan terhadap kesehatan manusia? Proses-proses yang terjadi di lingkungan membawa dampak terhadap manusia, antara lain sebagai berikut.

a. Efek pemanasan global yaitu suhu di siang hari meningkat dan menurun pada malam hari menuntut tubuh kita beradaptasi dengan keras.

b. Peningkatan gas CO2 yang tidak diimbangi dengan penyerapan CO2 oleh tumbuhan karena penebangan liar dan pembakaran hutan menyebabkan kekurangan oksigen. Hal ini tentu mengganggu pernapasan dan kelangsungan hidup makhluk hidup.

c. Pencemaran udara yang ditimbulkan karena berbagai aktivitas manusia dapat menimbulkan penyakit mata, tenggorokan, kerusakan paru-paru dan penyakit lainnya.

2 Responses to "Dampak dan Akibat Pemanasan Global (Global Warming) serta Efek Rumah Kaca"

  1. Dampak pemanasan global memang mengerikan maka dari itu kita perlu tau Cara Mengatasi Pemanasan Global untuk mengurangi dampaknya

    ReplyDelete