Struktur Organ pada Tumbuhan serta Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu struktur tumbuhan, yaitu organ pada tumbuhan dan fungsinya, bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, struktur sel tumbuhan, bagian-bagian akar dan fungsinya, bagian-bagian daun dan fungsinya, bagian-bagian batang dan funsinya, bagian-bagian bunga dan fungsinya.

Struktur Organ pada Tumbuhan

Organ tumbuhan dibentuk oleh beberapa jaringan yang bergabung menjadi suatu sistem jaringan. Organ pokok tumbuhan ada tiga, yaitu akar, batang, dan daun. Pada tumbuhan biji atau berbunga, terdapat bunga sebagai alat perkembangbiakannya.

1. Akar

Akar merupakan bagian tubuh tumbuhan yang berada di dalam tanah. Tetapi, ada juga tumbuhan yang memiliki akar yang tumbuh di udara. Bentuk dan struktur akar sangat beragam. Hal ini berkaitan dengan fungsi akar sebagai penyimpan cadangan makanan, akar sukulen, akar rambut, dan akar napas.

Pada tumbuhan dikotil dan monokotil, ujung akarnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra agar akar tidak rusak saat menembus lapisan tanah. Pada tumbuhan dikotil, akar lembaga terus tumbuh sehingga dihasilkan akar tunggang.

Sedangkan, pada tumbuhan monokotil akar lembaga mati sehingga tidak bisa tumbuh. Sebagai gantinya, dari pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama. Akar-akar tersebut disebut akar serabut.

Baca: Bagian-bagian Akar dan Fungsinya
Struktur Organ pada Tumbuhan serta Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya
Gambar: Struktur Tumbuhan

2. Batang

Batang merupakan bagian tumbuhan yang berada di permukaan tanah yang meliputi batang, cabang, dan ranting. Batang memiliki fungsi sebagai sarana lintasan air dan mineral serta tempat melekatnya daun.

Pada mulanya, batang berasal dari batang lembaga yang terdapat pada embrio di dalam biji. Pada pertumbuhan selanjutnya, batang berasal dari meristem apikal.

Pertumbuhan meristem apikal pada batang dikotil dan monokotil memiliki perbedaan. Akibatnya, susunan anatomi jaringannya berbeda.

Baca: Bagian-bagian Batang dan Fungsinya

3. Daun

Daun merupakan organ tumbuhan yang berfungsi untuk fotosintesis. Hal ini disebabkan karena daun memiliki zat hijau daun (klorofil) yang bisa menyerap sinar matahari. Daun merupakan organ tumbuhan yang paling bervariasi dilihat secara morfologis dan anatomi.

Baca: Bagian-bagian Daun dan Fungsinya

4. Bunga

Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan Angiospermae. Bunga merupakan alat perkembangbiakan karena di dalam bunga terdapat alat-alat reproduksi, seperti benang sari, putik, dan kandung lembaga.

Baca: Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya Lengkap

0 Response to "Struktur Organ pada Tumbuhan serta Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya"

Post a Comment