Struktur Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya Lengkap

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang bagian-bagian bunga beserta fungsinya, Fungsi mahkota bunga, struktur bunga, bunga sempurna, fungsi bunga, bunga lengkap, fungsi kelopak bunga, fungsi bagian bunga, fungsi tangkai bunga, fungsi bunga pada tumbuhan, perhiasan bunga dan putik bunga.

Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan Angiospermae. Bunga merupakan alat perkembangbiakan karena di dalam bunga terdapat alat-alat reproduksi, seperti benang sari, putik, dan kandung lembaga.

Pada dasarnya, anatomi bunga tumbuhan monokotil dan dikotil adalah sama, yaitu kelopak bunga (kaliks), mahkota bunga (corolla), benang sari (stamen), putik, dan lembaga (ovarium).

Kelopak bunga adalah bagian bunga terluar, terletak pada dasar bunga. Kelopak ini berwarna hijau dan merupakan modifikasi dari daun. Bagian atau lembaran kelopak bunga disebut juga daun kelopak (sepal).
Struktur Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya Lengkap
Gsmbar: Struktur Bunga

Mahkota bunga terletak di sebelah dalam atau di atas kelopak bunga. Lembaran mahkota disebut juga daun mahkota (petal). Mahkota dan kelopak bunga sering disebut perhiasan bunga.

Ukuran mahkota biasanya besar dan berwarna-warni. Tumbuhan dikotil umumnya empat atau lima helai. Sedangkan, pada tumbuhan monokotil tiga atau enam helai.

Di dalam mahkota terdapat benang sari dan putik. Benang sari merupakan serbuk sari yang merupakan gamet jantan pada tumbuhan. Benang sari terletak di tengah mahkota, memiliki bagian-bagian, yaitu tangkai (filamen), kepala sari, dan serbuk sari (polen).

Sedangkan, putik terletak di pusat bunga. Lembaran penyusun putik disebut karpel. Setiap karpel memiliki ovarium yang menghasilkan satu sel telur.

Ovarium berhubungan dengan putik yang terdiri atas tangkai putik (stilus) yang mendukung kepala putik (stigma). Stigma merupakan tempat melekatnya serbuk sari saat penyerbukan.

0 Response to "Struktur Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya Lengkap"

Post a Comment