Struktur Anatomi serta Bagian-bagian Akar dan Fungsinya

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang struktur akar, bagian-bagian akar, fungsi akar, fungsi tudung akar, fungsi akar pada tumbuhan, anatomi akar, macam-macam akar (akar serabut, akar dikotil).

Akar merupakan bagian tubuh tumbuhan yang berada di dalam tanah. Tetapi, ada juga tumbuhan yang memiliki akar yang tumbuh di udara. Bentuk dan struktur akar sangat beragam. Hal ini berkaitan dengan fungsi akar sebagai penyimpan cadangan makanan, akar sukulen, akar rambut, dan akar napas.

Pada tumbuhan dikotil dan monokotil, ujung akarnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra agar akar tidak rusak saat menembus lapisan tanah. Pada tumbuhan dikotil, akar lembaga terus tumbuh sehingga dihasilkan akar tunggang.

Sedangkan, pada tumbuhan monokotil akar lembaga mati sehingga tidak bisa tumbuh. Sebagai gantinya, dari pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama. Akar-akar tersebut disebut akar serabut.
Struktur Anatomi serta Bagian-bagian Akar dan Fungsinya
Gambar: Struktur Akar Tumbuhan

Bagian-bagian Akar dan Fungsinya

Anatomi akar dapat dilihat dengan memotong akar secara membujur. Urutan anatomi akar dari luar ke dalam adalah epidermis, korteks, endodermis, dan stele (silinder pusat).

a. Epidermis

Sel-sel epidermis akar tersusun rapat, memiliki selapis sel dan tidak mempunyai ruang antarsel. Dinding selnya tipis, tidak memiliki kutikula, dan mudah dilewati air dan zat hara.

Sel epidermis ini memiliki ciri khas, yaitu dapat membentuk rambut akar. Rambut akar ini berfungsi memperluas permukaan akar sehingga penyerapan zat menjadi lebih efisien.

b. Korteks

Korteks tersusun atas jaringan parenkim yang berperan untuk menyimpan cadangan makanan. Korteks terletak di bawah epidermis dengan bentuk sel relatif bulat. Sel-sel korteks mengandung amilum yang merupakan cadangan makanan.

c. Endodermis

Endodermis terdiri atas satu lapis sel dengan dinding sel yang tebal dan mengandung lilin. Endodermis terletak di antara silinder pusat dengan korteks. Endodermis berfungsi mengatur pemasukan air ke dalam jaringan angkut yang terdapat di dalam silinder pusat.

d. Stele

Stele merupakan bagian terdalam akar, terdapat di bagian tengah akar, di bawah endodermis. Stele memiliki beberapa jaringan, antara lain perisikel, jaringan floem, dan xilem.

Perisikel merupakan sel parenkim yang terletak di antara endodermis dan jaringan pembuluh. Perisikel bersifat meristematis (selalu membelah) seperti kambium sehingga disebut perikambium.

Loading...

0 Response to "Struktur Anatomi serta Bagian-bagian Akar dan Fungsinya"

Post a Comment