Proses Peredaran Darah Pada Manusia, Golongan Darah, Transfusi Darah dan Peredaran Getah Bening

Loading...
Pembahasan kali ini adalah penjelasan singkat tentang macam-macam proses peredaran darah pada manusia, macam-macam gololangan darah dan transfusi darah serta proses peredaran getah bening.

Proses Peredaran Darah

Peredaran darah manusia dibagi menjadi dua, yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Sistem peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung lagi. Sedangkan, peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung menuju paru-paru dan kembali ke jantung lagi.

Sistem peredaran darah besar dan kecil adalah sebagai berikut.

a. Sistem Peredaran Darah Kecil

Darah kotor yang miskin O2 yang berada di bilik kanan dibawa ke paru-paru melalui pembuluh arteri pulmonalis. Di dalam paru-paru terjadi pertukaran CO2 dengan O2. Darah yang sudah kaya O2 kemudian melewati vena pulmonalis menuju serambi kiri dan kemudian mengalir ke bilik kiri.

b. Sistem Peredaran Darah Besar

Darah yang kaya akan O2 yang berada di bilik kiri disalurkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh aorta dan percabangannya (arteri). Setelah dari kapiler di seluruh tubuh, darah menuju ke pembuluh vena dan venacava untuk kembali ke serambi kanan.
Proses Peredaran Darah Pada Manusia, Golongan Darah, Transfusi Darah dan Peredaran Getah Bening
Gambar: Sistem Peredaran Darah Besar

Golongan Darah dan Transfusi

Menurut Landsteiner, penggolongan darah dilakukan dengan sistem ABO. Penggolongan ini didasarkan atas adanya aglutinin pada plasma darah dan aglutinogen dalam eritrosit. Golongan darah pada manusia dapat kamu lihat pada tabel berikut ini.
Proses Peredaran Darah Pada Manusia, Golongan Darah, Transfusi Darah dan Peredaran Getah Bening
Tabel: Golongan Darah Manusia

Karl Landsteiner (1868-1943) adalah ahli patologi dan peraih nobel penyair yang berasal dari Amerika. Ia dilahirkan di Vienna. Ia mendapatkan gelar medisnya di Vienna University.

Di sana, ia mengajar patologi dari 1909 sampai 1919. Landsteiner adalah anggota Rockefeller Institute (sekarang Rockefeller University) untuk penelitian di bidang medis di New York dari 1922 sampai 1939.

Landsteiner berhasil Mengembangkan klasifikasi empat golongan darah utama secara modern sehingga ia diberi Nobel untuk bidang fisiologi atau medis pada 1930.

Peredaran Getah Bening

Pada peredaran getah bening, cairan yang diedarkan adalah cairan limfa. Cairan limfa ini berasal dari sel darah putih yang keluar dari peredaran darah dan diserap oleh usus.

Fungsi dari peredaran getah bening adalah untuk mematikan sel-sel kuman yang masuk ke dalam tubuh dan sebagai transportasi lemak ke seluruh jaringan tubuh.

Sistem peredaran getah bening terdiri atas kelenjar limfa, pembuluh limfa, dan cairan limfa. Kelenjar limfa berfungsi untuk menyaring kuman. Sedangkan, pembuluh limfa berfungsi untuk menampung cairan limfa yang berasal dari organ-organ tubuh.

Loading...

0 Response to "Proses Peredaran Darah Pada Manusia, Golongan Darah, Transfusi Darah dan Peredaran Getah Bening"

Post a Comment