Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Pembuluh Darah serta Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena

Loading...
Pembahasan kali ini akan menjelaskan sekilas tentang pengertian pembuluh darah, macam-macam pembuluh darah, pembuluh darah arteri, pembuluh darah vena, pembuluh kapiler, obat herbal penyempitan pembuluh darah jantung, penyumbatah pembuluh darah, fungsi pembuluh darah, pengertian stroke, vena pulmonalis, pembuluh darah jantung, pembuluh nadi.

Pembuluh Darah

Ada tiga macam pembuluh darah yang berperan dalam proses peredaran darah. Pembuluh darah tersebut adalah arteri, vena, dan pembuluh kapiler.

a. Pembuluh Arteri

Arteri adalah pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali arteri pulmonalis. Arteri berperan dalam pengangkutan darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis berperan membawa darah kotor yang perlu oksigenasi.

Arteri mempunyai dinding yang tebal dan elastis. Tentu saja pembuluh arteri ini meninggalkan jantung. Tekanan darahnya lebih kuat bila dibandingkan dengan tekanan yang dimiliki oleh pembuluh vena. Pembuluh arteri ini biasanya juga terletak di bagian dalam permukaan tubuh dan mempunyai satu pangkal (aorta).
Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Pembuluh Darah serta Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena
Gambar: Pembuluh Darah Arteri dan Vena

b. Pembuluh Vena

Vena adalah pembuluh darah yang mengangkut darah dari seluruh tubuh ke jantung, kecuali vena pulmonalis. Pembuluh vena ini sering disebut sebagai pembuluh balik. Hal ini karena pembuluh vena bertugas membawa darah kotor (miskin oksigen) kembali menuju jantung, kecuali vena pulmonalis yang bertugas membawa darah bersih menuju jantung.

Vena mempunyai klep di sepanjang pembuluh darah. Banyaknya klep pada vena ini berhubungan dengan tugas vena yang membawa darah yang arah gerakannya melawan gaya berat. Klep-klep ini bertugas menjaga agar pembuluh darah mengalir ke jantung tanpa jatuh kembali ke arah sebaliknya.

Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena

Perbedaan arteri dengan vena dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Variable
Pembuluh Arteri
Pembuluh Vena
Dinding
Letak
Aliran darah
Klep
Tekanan
Isi darah
Tebal, elastis
Lebih ke dalam
Meninggalkan jantung
Satu di pangkal
Kuat, bila termotong darah memancar
Banyak mengandung O2, kecuali arteri pulmonalis
Tipis, kurang elastis
Dekat permukaan tubuh
Menuju ke jantung
Banyak di sepanjang vena
Lemah, bila dipotong akan menetes
Banyak mengandung CO2, kecuali vena pulmonalis

c. Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat kecil tempat arteri berakhir. Pembuluh ini berfungsi sebagai distributor zat-zat penting ke jaringan yang memungkinkan berjalannya berbagai proses dalam tubuh.

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Pembuluh Darah serta Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena"

Post a Comment