Pengertian Fotosintesis dan Tempat Terjadinya Proses Reaksi Kimia Fotosintesis serta Faktor yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan lengkap tentang Proses Fotosintesis pada tumbuhan, mulai dari pengertian fotosintesis atau definisi fotosintesis, reaksi kimia fotosintesis, tempat terjadinya fotosintesis, siklus calvin, percobaan ingenhousz, percobaan dan praktikum fotosintesis, reaksi gelap fotosintesis, reaksi terang fotosintesis, makalah dan artikel fotosintesis serta tulisan reaksi fotosintesis, pengertian klorofil, tempat berlangsungnya fotosintesis, serta mekanisme fotosintesis.

Coba kamu bayangkan apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan? Tentunya tidak akan ada makanan dan pasokan oksigen untuk pernapasan makhluk hidup. Jika tidak ada tumbuhan, manusia dan hewan akan mati karena tidak ada sumber makanan.

Tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri dan melakukan gerak untuk memberikan respon terhadap rangsangan dari luar. Bagaimanakah cara tumbuhan membuat makanan sendiri? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya?

Manusia dan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga bergantung pada tumbuhan. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari. Peristiwa ini disebut fotosintesis. Silahkan menyimak!

Pengertian Fotosintesis

Tumbuhan hijau dan alga hijau mampu melakukan proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Proses fotosintesis ini menghasilkan zat makanan yang diperlukan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang.

Jika telah mencukupi, bahan makanan ini disimpan sebagai cadangan makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan makhluk hidup lain, seperti hewan dan tumbuhan. Produk lain dari proses fotosintesis adalah oksigen yang digunakan untuk pernapasan semua makhluk hidup.
Fotosintesis adalah proses kimia yang terjadi pada tumbuhan hijau dengan bantuan energi sinar matahari untuk membentuk gula atau karbohidrat dan oksigen dari karbon dioksida dan air.

Reaksi Kimia Proses Fotosintesis

Tumbuhan memerlukan air dan karbon dioksida untuk melakukan proses fotosintesis. Air dan mineral diserap tumbuhan dari dalam tanah melalui akar, kemudian diangkut oleh xilem menuju daun.

Karbon dioksida diambil tumbuhan dari udara melalui stomata. Stomata juga berperan sebagai tempat untuk membuang uap air dan gas yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tumbuhan.

Setelah sampai di daun, air dan karbon dioksida di dalam kloroplas bereaksi membentuk gula dengan bantuan sinar matahari. Bagian daun yang menyerap sinar matahari adalah klorofil.

Reaksi kimia dalam proses fotosintesis adalah:
6CO2 + 6H2O ==> C6H12O6 + 6O2
Glukosa diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan melalui floem. Hasil fotosintesis ini digunakan tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Apabila kebutuhan glukosa sudah cukup, maka kelebihan glukosa yang ada akan diubah menjadi karbohidrat dan disimpan sebagai cadangan makanan di dalam akar, batang, buah, atau biji.

Dalam akar misalnya kentang, dalam batang misalnya tebu, dalam buah seperti durian, rambutan, dan pepaya, dalam biji misalnya kacang hijau.
Pengertian Fotosintesis dan Tempat Terjadinya Proses Reaksi Kimia Fotosintesis serta Faktor yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis pada Tumbuhan
Gambar: Mekanisme Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Tempat Terjadinya Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis terjadi di daun yang berwarna hijau karena mengandung klorofil yang dapat menyerap sinar matahari. Daun memiliki permukaan atas dan bawah yang dilindungi lapisan epidermis yang mempunyai lapisan lilin.

Fungsi lapisan lilin mencegah penguapan air (transpirasi) yang berlebihan. Lapisan epidermis tersusun atas sel-sel epidermis, di antara sel-selnya terdapat stomata. Fungsi stomata adalah untuk pertukaran CO2 dan O2 dalam proses fotosintesis dan respirasi.

Di antara epidermis bawah dan atas terdapat jaringan palisade. Sel-selnya mengandung kloroplas yang berfungsi menyerap cahaya matahari untuk digunakan sebagai tenaga dalam proses fotosintesis.

Di dalam kloroplas inilah proses fotosintesis terjadi. Dalam kloroplas terdapat pigmen warna hijau, yaitu klorofil.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya:

a. Cahaya Matahari

Cahaya matahari sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Cahaya matahari berfungsi sebagai sumber tenaga untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa.

Penyerapan cahaya matahari oleh tumbuhan tergantung dari intensitas cahaya matahari, lama penyinaran, dan panjang gelombang cahaya.

b. Air

Air memiliki peranan penting dalam fotosintesis karena merupakan bahan baku fotosintesis. Keberadaan air juga berpengaruh pada kerja stomata. Bila kekurangan air, stomata menutup sehingga CO2 terhalang masuk. Bila air dan CO2 tidak ada, proses fotosintesis tidak dapat dilakukan.

c. Suhu

Suhu berpengaruh pada kerja enzim-enzim pada tumbuhan dalam proses fotosintesis. Setiap suhu naik 10° C, kerja enzim meningkat 2 kali lipat.

Waktu yang baik untuk proses fotosintesis pada tumbuhan adalah siang hari karena suhu pada siang hari cukup tinggi sehingga kerja enzim-enzim dapat maksimal.

d. Usia Daun

Bila usia daun makin tua, aktivitas fotosintesis makin lambat. Daun yang menguning mengandung klorofil yang makin sedikit. Keadaan ini menurunkan fungsi kloroplas.

Tokoh Ahli Fotosintesis

Melvin Calvin dilahirkan pada 8 April 1911, di St. Paul, Minnesota. Calvin pertama kali belajar di Michigan College of Mining and Technology dan menerima gelar Bachelor of Science (B.Sc.) pada 1931. 

Ia kemudian melanjutkan studi di Universitas Minnesota dan menerima Ph.D. dalam bidang kimia Di Universitas California, ia mendirikan Laboratorium Biodinamika Kimia dan menduduki jabatan Direktur Laboratorium Radiasi Berkeley. 

Di lembaga yang terakhir ini, Calvin menuntaskan banyak risetnya dalam bidang proses kimiawi fotosintesis. Penelitiannya dalam mempelajari fotosintesis melalui penggunaan pelacak yang membuatnya terkenal. 

Ia menggunakan isotop C-14 sebagai perunut radioaktif untuk mengungkap reaksi gelap fotosintesis, yang sekarang dikenal sebagai daur Calvin. Pada 1961 ia dijuluki “Mr. Photosynthesis” oleh majalah Time. 

Calvin memenangkan Hadiah Nobel bidang Kimia pada 1961 untuk penemuannya bersama Adam Benson “untuk daur Calvin atau pergerakan karbon dalam tumbuhan”.

0 Response to "Pengertian Fotosintesis dan Tempat Terjadinya Proses Reaksi Kimia Fotosintesis serta Faktor yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis pada Tumbuhan "

Post a Comment