Pengertian dan Rumus Usaha serta Contoh Soal Usaha

Loading...
Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang usaha, yang meliputi pengertian usaha, rumus usaha, contoh usaha dan contoh soal tentang usaha.

Mendorong mobil merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan tenaga. Ketika kamu mendorong mobil hingga bergerak, kamu telah melakukan usaha.

Apa yang dimaksud dengan usaha? Bagaimanakah cara mempermudah usaha? Alat-alat apa saja yang dapat membantu usaha manusia? Ayo temukan jawabannya dalam pembahasan ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk melakukan kegiatan. Misalnya, mendorong meja dan lemari agar berpindah tempat. Kegiatan semacam ini disebut usaha. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah uraian berikut.

Pengertian Usaha

Pada pelajaran yang lalu, kamu telah mengetahui bahwa benda dapat bergerak karena adanya gaya. Suatu gaya yang dilakukan pada sebuah benda dan menyebabkan benda itu bergerak disebut usaha. Bahasan tentang usaha inilah yang akan kamu pelajari sekarang.
Usaha adalah suatu gaya yang dilakukan pada sebuah benda dan menyebabkan benda itu bergerak. Dalam fisika, usaha didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya dan perpindahan benda. 

Rumus Usaha

Satuan usaha dalam SI adalah Joule (J). Secara matematis, usaha dirumuskan sebagai:
W = Fs
Keterangan:
W = usaha (Joule, J)
F = gaya (N)
s = perpindahan (m)
Usaha sebesar 1 Joule dilakukan apabila gaya sebesar 1 Newton memindahkan benda sejauh 1 meter.

Contoh Soal Tentang Usaha

Dalam kegiatan beres-beres kelas, Dito telah berhasil menggeser sebuah lemari sejauh 5 m dibantu dua orang temannya, Budi dan Arto. Jika gaya yang diberikan Dito adalah 10 N, Budi sebesar 20 N, dan Arto sebesar 15N, berapakah besar usaha yang telah mereka lakukan?
Pengertian dan Rumus Usaha serta Contoh Soal Usaha
Gambar: Contoh Usaha

Penyelesaian:
Diketahui : s = 5 m ; F1 = 10 N ; F2 = 20 N ; F3 = 15 N.

Ditanya : W

Jawab:
Usaha dikerjakan oleh tiga orang, maka:
ΣF = F1 + F2 + F3 = (10 + 20 + 15) N = 45 N
sehingga
W = ΣFs
    = 45 N ⋅ 5 m
    = 225 N/m
    = 225 J
Jadi, usaha yang dilakukan oleh Dito, Budi, dan Arto untuk menggeser meja adalah sebesar 225 N.

0 Response to "Pengertian dan Rumus Usaha serta Contoh Soal Usaha"

Post a Comment