Pengertian dan Rumus Berat Jenis Benda serta Satuannya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian berat jenis benda, rumus berat benda, rumus berat jenis, satuan berat jenis, titik berat benda dan rumus gaya gravitasi bumi.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kamu sering mendengar kata berat. Misalnya, berat badan, berat bersih, dan lain-lain.

Kata “berat” yang digunakan pada kata-kata di atas dalam fisika mengarah pada massa benda (m). Jadi, apa sebenarnya pengertian berat? Apakah berat berarti massa?

Untuk memahami pengertian berat, coba kamu lakukan kegiatan berikut.

Sediakan Benda bermassa 1 kg, 1,5 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg dan sebuah neraca pegas. Gantungkanlah balok pada neraca pegas secara bergantian mulai dari massa terkecil. Setelah itu, baca nilai berat benda yang ditunjukkan oleh skala pada neraca pegas.

Dari hasil kegiatan yang telah kamu ikuti, jelas bahwa berat tidak sama dengan massa. Jika kamu membagi berat hasil pengukuranmu dengan massa benda yang telah ditentukan sebelumnya, diperoleh suatu nilai yang tetap.

Jadi, perbandingan gaya berat dan massa di suatu tempat selalu tetap. Nilai W/m ternyata sama dengan nilai percepatan gravitasi bumi (g), yaitu 9,8 m/s2. Jadi, perbandingan itu nilainya sama dengan percepatan benda yang jatuh bebas ke bumi atau gravitasi bumi.
W = m g
Keterangan:
g = gaya gravitasi bumi (m/s2)
m = massa benda (kg)
W = berat benda (kg m/s2 atau N)

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa berat benda di bumi adalah gaya tarik bumi terhadap suatu benda. Sedangkan, massa adalah ukuran banyaknya satuan yang terkandung dalam suatu benda.

Massa suatu benda tidak berubah di manapun benda itu berada. Berbeda dengan berat benda yang berubah-ubah bergantung di mana benda tersebut berada. Hal ini disebabkan adanya perbedaan besar gaya gravitasi bumi yang tergantung pada jarak pusat massa terhadap bumi.

Makin jauh kedudukan benda terhadap bumi, makin kecil gaya gravitasi yang dialaminya sehingga gaya beratnya pun akan makin kecil. Selain itu, berat benda di bumi dan di luar bumi pun berbeda.
Pengertian dan Rumus Berat Jenis Benda serta Satuannya
Gambar: Contoh Perbedaan Berat Benda yang sama di Bumi dan Bulan

Berat benda di bumi berbeda dengan berat benda yang sama jika ia berada di bulan. Hal ini disebabkan adanya perbedaan percepatan gravitasi di dua tempat tersebut.

Rata-rata besarnya percepatan gravitasi di permukaan bumi adalah 9,8 m/s2. Sedangkan, di permukaan bulan rata-ratanya sekitar setengah kali besar gravitasi di permukaan bumi, yaitu sekitar 4,6 m/s2.

Perbedaan ini disebabkan massa dan ukuran planet tidak sama. Jadi, berat suatu benda di bumi sama dengan dua kali berat benda tersebut di bulan.

loading...

0 Response to "Pengertian dan Rumus Berat Jenis Benda serta Satuannya"

Post a Comment