Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Pesawat Sederhana

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian pesawat sederhana, macam macam pesawat sederhana, jenis jenis pesawat sederhana, contoh pesawat sederhana, bentuk bentuk pesawat sederhana, gambar pesawat sederhana, pesawat sederhana tuas, bidang miring, pengungkit, katrol tetap, katrol bergerak, dan roda berporos.

Pengertian Pesawat Sederhana

Jika kamu kesulitan menaikkan benda pada ketinggian tertentu, dengan cerdas kamu akan berpikir untuk menggunakan alat berupa bidang miring untuk mempermudah kerjamu. Alat-alat yang dapat membantu manusia melakukan suatu usaha disebut pesawat sederhana. 

Macam-macam Jenis Pesawat Sederhana

Secara garis besar, pesawat sederhana terdiri atas kelompok tuas, katrol, bidang miring, dan roda bergerigi.

1. Tuas

Tuas atau pengungkit adalah sebuah batang yang dapat diputar di sekitar titik tumpu. Jika ujung tuas yang satu diungkit ke bawah, maka ujung yang lain akan memberikan dorongan ke atas.

Tuas berfungsi sebagai alat pembesar gaya sehingga keuntungan menggunakan tuas adalah gaya yang dihasilkan lebih besar daripada gaya yang dikeluarkan.

Baca: Macam-macam Contoh Tuas atau Pengungkit

2. Katrol

Sebelum air diperoleh melalui pengolahan Perusahaan Air Minum, hampir semua orang memperoleh air dari sumber mata air yang disebut sumur.

Bahkan, sampai sekarang di beberapa desa, sumur masih mudah dijumpai. Untuk mempermudah pengambilan air dari dalam sumur, digunakanlah alat yang termasuk jenis pesawat sederhana, yaitu katrol.
Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Pesawat Sederhana
Gambar: Contoh Pesawat Sederhana
Baca: Macam-macam Contoh Pesawat Sederhana Katrol

3. Bidang Miring

Telah disebutkan di awal pembahasan tentang contoh penerapan bidang miring sebagai pesawat sederhana. Dengan menggunakan pesawat sederhana, gaya yang dikeluarkan untuk menaikkan suatu benda akan lebih kecil dibanding dengan menaikkannya secara langsung.

Baca: Macam-macam Contoh Pesawat Sederhana Bidang Miring

4. Roda Bergerigi

Gir adalah roda bergerigi yang termasuk jenis pesawat sederhana. Roda bergerigi adalah pesawat sederhana yang memiliki sisi bergerigi. Roda bergerigi besar menghasilkan gaya yang lebih besar sehingga kuasa yang diperlukan lebih kecil.

Tetapi, kondisi ini harus diimbangi dengan kecepatan putar yang lambat. Sebaliknya, roda bergerigi kecil akan memberikan kecepatan putar yang tinggi, tetapi gaya yang dihasilkan relatif kecil sehingga harus diimbangi dengan kuasa yang besar.

Jika kamu pernah memperhatikan mesin pada jam, maka kamu telah melihat penerapan dan pemanfaatan roda bergerigi yang ternyata sangat dekat denganmu dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, roda bergerigi juga dapat kamu temukan pada sepeda yang biasa kamu gunakan untuk bermain atau sebagai alat transportasi ke sekolahmu.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Pesawat Sederhana"

Post a Comment