Pengertian dan Jenis Contoh Pesawat Sederhana Bidang Miring

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian bidang miring, macam macam bidang miring, contoh bidang miring, jenis jenis bidang miring, prinsip kerja bidang miring, fungsi bidang miring, percepatan pada bidang miring, pengertian gerak pada bidang miring, contoh pesawat sederhana bidang miring, dan gaya pada bidang miring.

Pengertian Bidang Miring

Telah disebutkan di awal pembahasan tentang contoh penerapan bidang miring sebagai pesawat sederhana.

Dengan menggunakan pesawat sederhana, gaya yang dikeluarkan untuk menaikkan suatu benda akan lebih kecil dibanding dengan menaikkannya secara langsung.

Namun demikian, jarak yang ditempuh benda dalam bidang miring akan lebih jauh dibanding jarak yang ditempuhnya jika dinaikkan langsung.
Pengertian dan Jenis Contoh Pesawat Sederhana Bidang Miring
Gambar: Contoh Pesawat Sederhana Bidang Miring

Perbandingan panjang bidang miring dengan tinggi benda setelah dinaikkan disebut keuntungan mekanis, secara matematis dapat ditulis,
KM = w/F = i/h
Keterangan:
KM = keuntungan mekanis
w = berat beban (N)
F = gaya yang diberikan (N)
l = panjang lintasan bidang miring (m)
h = tinggi bidang miring (m)

Macam-macam Bidang Miring

Penjelasan yang diuraikan di atas memberikan contoh sebuah bidang miring yang diam. Pada kenyataannya, terdapat bidang miring yang merupakan pesawat sederhana yang dapat bergerak, yaitu baji dan sekrup.

a. Baji

Apakah kamu pernah mendengar alat yang disebut baji? Jika belum, mungkin kamu bisa membayangkan alatalat yang digunakan tukang kayu bakar untuk memotongmotong kayu di hutan.

Baji adalah pesawat sederhana yang menggunakan dua bidang miring yang disatukan. Baji biasa digunakan untuk membelah suatu bidang, salah satunya kayu.

Pada baji, bidang yang hendak dibelah diam, sementara bidang miringnya digerakkan naik-turun. Alat yang mudah ditemukan yang merupakan jenis baji adalah kampak, pisau, dan pahat.

b. Sekrup

Sekrup adalah pesawat sederhana yang dibentuk dari bidang miring yang dililitkan mengitari sebuah batang atau silinder sebagai pusatnya sehingga terlihat sebagai spiral. Sekrup dapat digunakan untuk mengikat atau merekatkan dua buah benda.

Ketika kita akan mengaitkan dua buah papan kayu, alat yang bisa digunakan adalah paku yang ditancapkan dengan palu atau sekrup yang ditancapkan menggunakan tuas (obeng).

Gaya yang dibutuhkan untuk menancapkan paku pada kayu lebih besar daripada gaya yang dibutuhkan untuk menancapkan sekrup pada kayu.

Hal ini menunjukkan bahwa prinsip kerja sekrup sebagai pesawat sederhana adalah mempermudah usaha manusia karena dengan usaha yang sedikit dapat menghasilkan gaya yang lebih besar.

loading...

0 Response to "Pengertian dan Jenis Contoh Pesawat Sederhana Bidang Miring"

Post a Comment