Pengertian dan Contoh Ion, Kation dan Anion

Loading...
Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang definisi dan pengertian ion, pengertian kation, pengertian anion, contoh ion, contoh kation, contoh anion, sifat senyawa ion, identifikasi anion, ion kompleks, contoh senyawa ion, dan pembalut anion.

Pengertian Ion

Seperti yang telah diketahui bahwa ion merupakan salah satu partikel penyusun materi. Ion merupakan atom atau gabungan beberapa atom yang mempunyai muatan listrik positif atau negatif.

Pengertian Kation dan Anion

Atom atau kumpulan atom yang memiliki muatan listrik positif disebut ion positif atau kation. Sedangkan, yang bermuatan listrik negatif disebut ion negatif atau anion.

Contoh Kation dan Anion

Beberapa contoh kation dan anion dapat kamu lihat pada tabel berikut ini.
Pengertian dan Contoh Ion, Kation dan Anion
Tabel: Contoh Kation dan Anion

Kation (ion positif) dan anion (ion negatif) dapat bergabung membentuk senyawa ion yang disebut senyawa ionik. Senyawa ionik dapat menghantarkan listrik.

Contoh Senyawa Ion

Contoh yang paling sederhana adalah senyawa natrium klorida (NaCl) atau garam dapur yang terdiri dari ion Na+ dan ion Cl-. Ion Na+ dan ion Cl- akan tarik-menarik membentuk suatu senyawa NaCl (garam dapur) karena terdiri dari dua buah muatan listrik yang berlawanan.

Untuk menguraikan senyawa NaCl ini menjadi unsur-unsur pembentuknya dapat dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam lelehan natrium klorida (NaCl) sehingga NaCl ini akan terurai
menjadi ion Na+ dan ion Cl-.

NaCl           ==>          Na+      +        Cl-
Natrium Klorida     Natrium     +      Klor
(Senyawa Ionik) (Ion Natrium) (Ion Klorida)

Loading...

0 Response to "Pengertian dan Contoh Ion, Kation dan Anion"

Post a Comment