Pengertian dan Contoh Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang gaya gesek, yang meliputi pengertian gaya gesek atau gaya gesekan, gaya gesek statis, gaya gesek kinetis, dan contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.

Coba bayangkan dan rasakan kembali gerak mobil yang kamu tumpangi ketika berada di jalan datar yang permukaannya halus, lalu di jalan datar yang permukaannya kasar!

Gerak mobil mana yang terasa lebih cepat? Gerak mobil di jalan datar yang permukaannya halus akan terasa lebih cepat dibandingkan di jalan datar yang permukaannya kasar.

Pada saat mobil bergerak di permukaan yang kasar, gerak mobil akan terhambat karena ada gaya yang arahnya berlawanan dengan laju mobil.

Gaya ini adalah gaya gesekan yang terjadi antara ban mobil dan permukaan jalan. Gaya gesekan yang terjadi antara ban mobil dan permukaan jalan yang kasar lebih besar daripada gaya gesekan yang terjadi antara ban mobil dan permukaan jalan yang halus.

Sama halnya ketika kamu menarik benda yang terletak di atas meja yang permukaannya kasar. Jika kamu menariknya dengan gaya yang lemah, maka benda tidak akan bergerak karena gaya gesekan sama besar dengan gaya yang kamu berikan sehingga menghambat gerak benda. Benda itu akan bergerak jika kamu menarik dengan gaya yang lebih besar dari gaya gesek.

Pengertian Gaya Gesek

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa gaya gesekan adalah gaya yang timbul akibat pergeseran antara dua permukaan yang bersentuhan. Gaya gesekan mempunyai arah yang berlawanan dengan gaya penyebabnya sehingga bersifat menghambat gerak benda.

Contoh Penerapan Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh penerapan gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari adalah gaya gesekan antara kanvas rem
sepeda dengan peleknya sehingga sepeda dapat direm sesuai keinginan kita.
Pengertian dan Contoh Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Contoh Gaya Gesek antara Ban Mobil dengan Aspal

Contoh lainnya adalah penampilan ban mobil atau motor yang dibuat bergerigi agar dapat mencengkeram permukaan jalan sehingga kendaraan tidak mudah tergelincir.

Gaya gesekan ini merupakan gaya yang menguntungkan. Namun, tak jarang gaya gesekan antara dua permukaan yang bersentuhan juga dapat merugikan.

Contohnya adalah gesekan yang terjadi pada pergerakan bagian-bagian mesin yang mengakibatkan mesin tersebut panas dan aus. Untuk mencegahnya, digunakan oli yang dapat memperhalus permukaan yang bersentuhan.

Loading...

0 Response to "Pengertian dan Contoh Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment