1000 Kandungan Racun dan Zat Berbahaya Dalam Rokok

Berikut ini merupakan pembahasan tentang kandungan dalam rokok, zat berbahaya dalam rokok, bahan rokok, bahan filter rokok, kandungan pada rokok, bahan-bahan dan komposisi rokok, kandungan zat dalam rokok, tar pada rokok, bahan pembuat filter rokok, bahan kimia dalam rokok, racun dalam rokok, kandungan filter rokok, zat kimia dalam rokok, dan akibat dari merokok.

Rokok merupakan jenis benda yang memiliki sifat adiktif. Rokok berasal dari pohon tembakau yang dikeringkan, lalu dibungkus dengan kertas.

Rokok dapat dinikmati oleh konsumen dengan membakar ujung rokok, lalu dihisap. Rokok mengandung berbagai macam racun yang dapat merusak kesehatan penggunanya.

Orang yang merokok tidak hanya merugikan dirinya sendiri, tetapi juga dapat mengganggu orang lain di sekitarnya. Telah banyak orang mengetahui bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan.

Namun, pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak orang yang tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok.

Kandungan Racun Dalam Rokok

Ketika rokok dibakar, akan timbul berbagai jenis racun yang dikandungnya. Dalam rokok terdapat tidak kurang dari 1000 macam racun.

Dari berbagai racun yang terkandung dalam rokok, kita lebih mengenal nikotin. Nikotin memiliki sifat adiktif yang cukup kuat. Selain nikotin, masih banyak zat-zat berbahaya pada rokok.
Kandungan Racun dan Zat Berbahaya Dalam Rokok
Gambar: Kandungan Racun dalam Rokok

Berikut ini adalah beberapa zat racun yang terdapat pada rokok.

a. Nikotin

Nikotin merupakan racun yang terdapat pada tembakau dan dapat menimbulkan efek ketagihan, serta dapat menaikkan tekanan darah.

Nikotin bersifat toksik karena pada dosis 60 mg untuk orang dewasa dapat menimbulkan paralisis atau kegagalan pernapasan yang akhirnya dapat menimbulkan kematian.

Selain itu, nikotin dapat meningkatkan detak jantung yang berakibat otot-otot jantung bekerja lebih keras dari biasanya, akhirnya otot-otot jantung akan mengalami kerusakan.

b. Karbon Monoksida

Rokok yang dibakar akan mengeluarkan gas karbon monoksida. Orang yang menghisap asap rokok yang mengandung karbon monoksida, akan timbul efek dalam tubuhnya berupa terhambatnya pengikatan oksigen oleh tubuh dan pengiriman oksigen ke dalam sel-sel tubuh yang akhirnya dapat membuat napas menjadi sesak.

c. Tar

Tar merupakan zat kimia yang muncul ketika tembakau dibakar. Tar yang masuk ke dalam tubuh manusia dapat menimbulkan kanker paru-paru.

d. Asam Sianida

Asam sianida merupakan zat racun yang dapat merusak alat-alat pencernaan.

loading...

1 Response to "1000 Kandungan Racun dan Zat Berbahaya Dalam Rokok"