Bahan Kimia dalam Rumah Tangga dan Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang kehidupan dalam rumah tangga, bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, bahan pembersih rumah tangga, bahan kimia pewangi, zat kimia dalam rumah tangga, bahan kimia dalam makanan, kimia industri, dan bahan kimia pembasmi serangga.

Detergen merupakan salah satu contoh bahan kimia yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain detergen, bahan kimia apalagi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Apa kegunaan dan efek samping bahan kimia tersebut? Kamu dapat menemukan jawabannya setelah mempelajari pembahasan ini.

Beberapa di antara kamu pernah mendengar mengenai bahan-bahan kimia yang sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, sebagai bahan pengawet dalam makanan, peracikan obat-obatan, dan yang paling sering kita dengar adalah digunakan sebagai bahan peledak.

Bahan-bahan kimia tersebut akan membahayakan jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang negatif. Akan tetapi, tanpa kita sadari banyak bahan kimia yang bermanfaat dalam kehidupan ini.

Misalnya, saat kita mandi, sabun mandi dan pasta gigi yang kita gunakan mengandung bahan kimia. Selain itu, detergen dan pewangi pakaian yang kita pakai juga menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Ayo cermati uraian berikut ini.

A. Bahan Kimia Pembersih

Tahukah kamu jika sabun dan detergen yang kamu gunakan sehari-hari terbuat dari bahan kimia? Sabun dan detergen merupakan sebagian saja dari sekian banyak pembersih yang digunakan oleh manusia.

Sabun biasanya digunakan untuk membersihkan badan dari kotoran yang menempel, seperti debu, minyak, keringat, dan lain-lain. Sedangkan, detergen biasanya digunakan untuk membersihkan pakaian yang kotor. Baca Selengkapnya....

B. Bahan Kimia Pemutih

Selain detergen, ada juga bahan kimia lain yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada pakaian, yaitu pemutih. Pemutih berfungsi untuk menghilangkan noda yang tidak hilang dengan menggunakan detergen.

Pemutih ini mengandung bahan kimia aktif natrium hypoklorit (NaOCl) kurang lebih 5%, yang berfungsi untuk mengoksidasi noda yang menempel pada pakaian sehingga tidak tampak lagi pada pakaian. Selain menghilangkan noda, pemutih juga bisa memudarkan warna pakaian. Baca Selengkapnya....
Bahan Kimia dalam Rumah Tangga dan Kehidupan Sehari-hari
Skema: Bahan Kimia dalam Rumah Tangga dan Kehidupan Sehari-hari

C. Bahan Kimia Pewangi

Pewangi merupakan bahan kimia yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yang memiliki beragam jenis kegunaan, bisa digunakan sebagai pewangi makanan, ruangan, pakaian, dan tubuh. Beberapa pewangi hasil ekstraksi bagian tumbuhan tersaji dalam tabel berikut ini.

Pewangi bisa diperoleh langsung dari bahan-bahan alami dan hasil sintesis. Salah satunya adalah parfum. Parfum merupakan pewangi yang paling akrab digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Parfum dengan merek terkenal biasanya tidak mencantumkan rumus bahan aktifnya karena khawatir akan ditiru oleh para pesaing dagangnya.

Kamu perlu tahu bahwa untuk pembuatan parfum dan deodoran diperlukan bahan campuran lain, seperti alkohol sebagai propelan dan pelarut. Hal ini dimaksudkan agar penggunaannya lebih mudah.

Ketika parfum disemprotkan ke bagian tubuh, alkohol akan menguap ke udara dan parfum murni akan menempel ke tubuh atau pakaian.

Pada deodoran, selain mengandung bahan pewangi juga mengandung tawas, seperti aluminium klorid heksahidrat. Hal ini dimaksudkan agar ketika keringat keluar, zat tambahan ini akan berfungsi sebagai pembunuh kuman-kuman penyebab bau badan.

Selain alkohol dan tawas, ada beberapa pewangi yang menggunakan bahan propelan lain yang bisa mencemari udara.

Karena apabila propelan tersebut bercampur dengan udara, kemudian masuk ke dalam lapisan atmosfer, maka akan menyebabkan rusaknya lapisan ozon (suatu lapisan yang melindungi kita dari berbagai sinar yang berenergi tinggi sehingga bisa merugikan manusia, misalnya sinar ultra violet).

Oleh karena itu, kita harus bisa selektif dalam memilih produk parfum, jangan sampai mengandung bahan kimia yang dapat mencemari udara dan membahayakan tubuh kita.

D. Pembasmi Hama (Pestisida)

Tanaman tidak akan lepas dari gangguan luar. Gangguan ini banyak jenisnya. Cara penanggulangannya pun berbeda-beda dan banyak cara (cara fisik, cara biologi, cara kimia, dan lain-lain).

Pada kesempatan ini, kamu akan mempelajari cara penanggulangan gangguan-gangguan tersebut dengan cara kimia. Cara kimia dalam pemberantasan hama dilakukan dengan pemberian obat kimia yang disebut pestisida.

Pestisida adalah sebutan untuk semua jenis obat (bahan kimia) pembasmi hama yang ditujukan terhadap serangga, jamur, bakteri, dan hama lainnya.

Baca: Macam-macam Jenis Pestisida dan Dampaknya

0 Response to "Bahan Kimia dalam Rumah Tangga dan Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment