Tugas Moderator dalam Diskusi

Loading...
Pokok pembahasan kali ini adalah tentang pengertian moderator, tugas pokok moderator dalam diskusi dan seminar, tugas notulen/notulis dalam diskusi, tugas peserta diskusi, tugas pembicara dalam diskusi, tugas penyaji dalam diskusi, tips menjadi moderator, dan tugas pemimpin diskusi.

Pengertian Diskusi

Diskusi merupakan suatu kegiatan bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Kegiatan diskusi dapat dilakukan dalam situasi formal maupun situasi nonformal.

Diskusi dalam situasi formal perlu menghadirkan keberadaan seorang pemandu (moderator), penyaji, notulis, dan peserta. Adapun diskusi secara nonformal, kehadiran personel-personel tersebut tidak harus diisi secara jelas (pokok).

Pengertian Moderato

Tugas Moderator dalam Diskusi
Diskusi
Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), moderator adalah orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dsb) atau pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan atau pendiskusian masalah.

Sebelum kalian melakukan diskusi bersama kelompok kalian, terlebih dahulu persiapkan kelengkapan dan hal-hal yang diperlukan dalam diskusi. Proses diskusi kelompok dapat kalian awali dengan penentuan moderator, sebagai pemandu jalannya diskusi, dan pencatat hasil-hasil diskusi.

Tugas moderator

Ada beberapa hal penting yang perlu kalian ingat saat kalian menjadi moderator. Beberapa hal tersebut yaitu berikut.

1. Mampu mengendalikan dan mengarahkan jalannya diskusi guna memecahkan persoalan secara efektif dan efisien.

2. Dapat menjadi media terhadap tanggapan-tanggapan yang masuk, baik berupa pertanyaan maupun pernyataan dalam upaya mencari solusi persoalan yang didiskusikan.

3. Dapat menerima atau menolak usulan, pertanyaan, maupun tanggapan yang sesuai atau tidak sesuai berkaitan dengan upaya menemukan solusi persoalan.

4. Bersifat netral atau objektif.

0 Response to "Tugas Moderator dalam Diskusi"

Post a Comment