Tata Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang cara membuat daftar pustaka, cara menyusun daftar pustaka, cara menulis daftar pustaka, cara penulisan daftar pustaka, cara menulis dan membuat daftar pustaka dari internet, serta contoh penulisan daftar pustaka.

Cara membuat daftar pustaka

Dalam penulisan karya ilmiah atau karya tulis, diperlukan sumber kepustakaan atau daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan sumber rujukan atau sumber bacaan sebagai sarana penunjang dalam proses penulisan karangan.

Kumpulan sumber bacaan tersebut disusun secara sistematis berdasarkan abjad pengarang dan judul atau secara berurutan.

Unsur-unsur penulisan daftar pustaka

Unsur-unsur informasi kepustakaan yang diutamakan dalam daftar pustaka adalah berikut.
Tata Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku
Unsur-unsur Penulisan Daftar Pustaka
1. Nama pengarang

Penulisan nama pengarang yang terdiri atas dua unsur atau lebih harus ditulis dengan mendahulukan nama yang terakhir (nama keluarga) disertai tanda koma.


2. Tahun terbit

Keterangan tahun terbit dalam daftar pustaka dituliskan di belakang nama pengarang atau di belakang keterangan tempat dan nama penerbit.

3. Judul dan subjudul

Judul dan subjudul diawali dengan huruf kapital, kecuali kata tugas, kata depan, dan kata hubung. Judul Karangan yang diterbitkan ditulis dengan huruf miring.

Judul karangan yang tidak diterbitkan ditulis dengan diapit tanda petik. Antara judul dan subjudul diberi tanda titik dua. Keseluruhan unsur diakhiri tanda titik.

4. Tempat dan nama penerbit

Keterangan tempat terbit dan nama penerbit dituliskan langsung di belakang judul. Di antara tempat dan nama penerbit dipisahkan tanda titik dua. Penulisan tempat dan nama penerbit diakhiri tanda titik.

Contoh cara penulisan daftar pustaka:

Wijaya, Putu. 1988. Gress. Jakarta: Balai Pustaka.

Soegiarta. 1984. Glosaria: Istilah Bahasa dan Sastra. Klaten: Intan Pariwara.

Soemanto, Bakdi. 2001. Jagat Teater. Yogyakarta: Media Pressindo.

Loading...

1 Response to "Tata Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku"