Ruang Lingkup dan Contoh Penerapan Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Loading...
Listrik yang digunakan di rumah penduduk berasal dari pembangkit tenaga listrik. Listrik tersebut mengalir melalui sebual kabel penghantar sehingga disebut listrik dinamis. Apa yang disebut listrik dinamis? 

Apa saja yang dikaji dalam listrik dinamis? Ayo cermati uraian dalam pembahasan ini dan setelahnya agar kamu dapat menemukan jawabannya.

Setelah mempelajari pembahasan ini, diharapkan kamu dapat mendeskripsikan pengertian listrik dinamis, arus listrik, beda potensial, dan hambatan listrik, mendeskripsikan cara kerja alat ukur listrik dalam suatu rangkaian, membedakan rangkaian seri dan paralel, melakukan percobaan cara mengukur arus listrik dan beda potensial, serta mendeskripsikan hubungan arus listrik dengan rangkaian hambatannya.

Coba kamu perhatikan kincir air. Ketika air menyentuh kincir, kincir akan berputar untuk menggerakkan turbin. Setelah turbin bergerak, generator akan bergerak pula dan menghasilkan arus.

Begitulah cara kerja kincir air sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan melalui proses yang panjang nantinya listrik tersebut akan disalurkan ke perumahan-perumahan penduduk.

Ruang Lingkup dan Contoh Penerapan Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari
Bagan: Ruang Lingkup Pembahasan Listrik Dinamis

Listrik dinamis adalah kajian kelistrikan yang muatannya bergerak/mengalir. Pada pelajaran listrik dinamis ini, kamu akan mengenal istilah yang disebut dengan arus listrik, beda potensial, dan hambatan listrik.

Listrik yang kini dapat dirasakan di rumah sehari-hari merupakan listrik yang muatannya bergerak. Untuk dapat memanfaatkan dan menghemat listrik yang digunakan, ikutilah pembahasan berikut ini dengan cermat.

Loading...

0 Response to "Ruang Lingkup dan Contoh Penerapan Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment