Pengertian Sistem Ekskresi Pada Manusia, Fungsi dan Gangguannya

Loading...
Loading...
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang sistem ekskresi pada manusia, pengertian ekskresi, alat-alat eksresi pada manusia, fungsi dari masing-masing organ ekskresi pada manusia, fungsi kulit, paru-paru, hati dan ginjal sebagai alat ekskresi, gangguan-gangguan pada sistem ekskresi manusia.

Pengertian Ekskresi

Ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi bagi tubuh organisme.

Ginjal merupakan salah satu contoh organ penyusun sistem ekskresi manusia. Selain ginjal, masih ada organ tubuh lainnya yang menyusun sistem ekskresi manusia. Organ apa sajakah itu? Apa fungsi dari organ-organ tersebut? Disana ada Kulit, Paru-paru dan Hati.

Kelainan apa saja yang dapat terjadi pada organ-organ tersebut? Kita akan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah mempelajari pembahasan ini dan pembahasan-pembahasan yang berkaitan dengannya.
Pengertian Sistem Ekskresi Pada Manusia
Peta Konsep Sistem Ekskresi pada Manusia

Setelah mempelajari pembahasan ini, diharapkan anda dapat mendeskripsikan bentuk organ penyusun sistem eksresi pada manusia, menyebutkan fungsinya, mendeksripsikan contoh kelainan dan penyakit pada sistem eksresi serta upaya mengatasinya, dan menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.

Tahukah kamu bagaimana zat sisa ini dikeluarkan dari tubuhmu? Zat sisa ini dikeluarkan dari tubuh melalui alat ekskresi. Ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi bagi tubuh organisme.

Sistem Ekskresi pada Manusia

Alat ekskresi dalam sistem ekskresi manusia antara lain: hati, paru-paru, kulit, ginjal, dan usus besar. Setiap alat ekskresi tersebut berfungsi mengeluarkan zat sisa metabolisme yang berbeda, kecuali air yang dapat diekskresikan melalui semua alat ekskresi.

Loading...

0 Response to "Pengertian Sistem Ekskresi Pada Manusia, Fungsi dan Gangguannya"

Post a Comment