Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Reproduksi pada Manusia

Loading...
Loading...
Setelah mempelajari pembahasan ini, diharapkan kamu dapat menyebutkan organ penyusun sistem reproduksi pada manusia, mendeskripsikan fungsi atau sistem reproduksi, mendeskripsikan kelainan atau penyakit yang menyerang sistem reproduksi manusia, dan menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi manusia.

Gambar di bawah ini adalah alat reproduksi pada manusia. Apa saja nama alat-alat tersebut? Apa fungsinya? Peristiwa apa saja yang terjadi pada alat-alat tersebut?

Kelainan atau penyakit apa saja yang dapat menyerang alat-alat tersebut? Ayo temukan jawabannya dengan mempelajari pembahasan ini dan yang terkait dengannya.

Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya. Oleh karena itu, manusia juga berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya.

Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Reproduksi pada Manusia
Alat Reproduksi pada Pria dan Wanita

Laki-laki yang sudah mengalami pubertas akan menghasilkan spermatozoa. Sedangkan, perempuan yang sudah mengalami pubertas akan menghasilkan ovum.

Pertemuan antara sperma dan ovum akan menghasilkan zigot. Untuk lebih mengetahui tentang sistem reproduksi pada manusia, mari cermati bagan di bawah ini.
Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Reproduksi pada Manusia

Alat Reproduksi Manusia

Manusia termasuk makhluk dioseus (berumah dua), artinya satu individu hanya memiliki satu jenis alat reproduksi, yaitu laki-laki atau perempuan.

Alat reproduksi manusia atau alat kelamin dibagi menjadi dua, yaitu alat kelamin pria dan alat kelamin wanita. Alat kelamin pria dan wanita ini terdiri atas alat kelamin dalam dan luar.

Loading...

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Reproduksi pada Manusia"

Post a Comment