Pengertian dan Sifat-sifat Muatan Listrik beserta Alat Ukurnya

Loading...
Loading...
Atom sebagai unsur penyusun zat pada dasarnya tersusun dari partikel-partikel yang sangat kecil, disebut partikel subatom. Terdapat tiga jenis partikel subatom yang penting dan perlu kita kenali, yaitu proton, neutron, dan elektron.

Pengertian Muatan Listrik

Subpartikel atom yang memiliki sifat sama, yaitu proton dan elektron, kemudian disebut sebagai muatan listrik. Muatan listrik ibarat udara yang tidak bisa dilihat, tetapi bisa dirasakan.

Akibatnya, penelitian mengenai muatan listrik hanya bisa dilakukan berdasarkan efek reaksi yang diberikannya. Alat yang digunakan untuk mengetahui adanya muatan listrik disebut elektroskop.

Alat Pengukur Muatan Listrik

Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui adanya muatan listrik pada suatu benda. Salah satu jenis elektroskop yang sering digunakan adalah elektroskop daun.

Bagian penting elektroskop daun adalah sebuah tangkai logam dari bagian logam kuningan dengan ujung bawah berbentuk pipih.

Pada ujung ini ditempatkan dua helai logam sangat tipis yang terbuat dari bahan aluminium atau emas, biasa disebut dengan bagian daun. Ujung atas berbentuk cakram atau bola yang berfungsi sebagai penghantar muatan dan kotak kaca.

Besar muatan listrik proton dan elektron adalah sama, tetapi jenisnya berbeda. Muatan listrik ini pertama kali ditemukan oleh Benjamin Franklin.

Ia kemudian memberikan tanda (+) atau (-) pada muatan listrik yang tak mengandung arti fisis. Jenis muatan listrik proton adalah positif (+), neutron adalah netral, dan elektron adalah negatif (-).

Pengertian dan Sifat-sifat Muatan Listrik beserta Alat Ukurnya
Gambar: Percobaan Muatan Listrik

Pada sebuah percobaan penggaris plastik yang digosok-gosokkan pada kain wol beberapa lama dan sobekan kertas, kamu dapat mengamati bahwa ketika penggaris plastik didekatkan pada sobekan kertas, sobekan kertas akan menempel pada penggaris plastik yang telah digosok-gosokkan pada kain wol, tetapi tidak menempel pada penggaris plastik yang belum digosokkan.

Sebelum sisir plastik digosokkan, muatan listrik pada sisir tersebut berada dalam keadaan seimbang. Saat digosokkan, terjadi perpindahan muatan listrik dari kain wol ke sisir.

Muatan listrik yang berpindah adalah elektron. Dengan demikian, sisir plastik tersebut bermuatan negatif (-) sehingga dapat menarik sobekan kertas untuk menempel padanya.

Sifat-Sifat Muatan Listrik

Sifat-sifat yang dimiliki muatan listrik adalah:

a) Muatan listrik yang sejenis (negatif dengan negatif atau positif dengan positif) jika didekatkan akan saling tolak-menolak.

b) Muatan listrik yang tidak sejenis (negatif dengan positif) jika didekatkan akan saling tarik-menarik.

Loading...

0 Response to "Pengertian dan Sifat-sifat Muatan Listrik beserta Alat Ukurnya"

Post a Comment