Pengertian, Cara dan Contoh Membaca Ekstensif serta Menemukan Gagasan Utamanya

Bagaimanakah kemampuan membaca kalian dalam upaya menemukan gagasan dari beberapa sumber? Cukup baikkah?

Membaca ekstensif merupakan salah satu cara membaca dengan tujuan agar dapat menjangkau bahan bacaan secara luas.

Dengan demikian, akan diperoleh sebuah pemahaman yang cukup memadai mengenai sebuah topik atau permasalahan tertentu.

Supaya mampu menerapkan teknik membaca ekstensif secara baik dan benar memang diperlukan sebuah proses latihan yang konsisten (tetap).

Selain itu, diperlukan pula kemauan kuat untuk dapat menjangkau bahan-bahan bacaan, baik yang berupa artikel maupun buku.

Makin banyak bahan yang tersedia, berarti makin baik pula sarana yang tersedia bagi kalian untuk berlatih mempraktikkan teknik membaca ekstensif.

Setelah membaca keseluruhan bahan yang tersedia, kalian dapat mencatat beberapa gagasan penting yang disampaikan, baik melalui artikel maupun buku.

Kalian juga diharapkan mampu menyeleksi gagasan-gagasan yang diperlukan atau persamaan tema dengan permasalahan yang sedang dibicarakan.

Bacalah artikel di bawah ini!


.

Setelah membaca teks yang bersumber dari artikel dan buku di atas, kalian dapat mencatat gagasan penting yang ada. Gagasan penting yang dapat kalian catat berdasarkan bacaan “Nyamuk: Pemakan Darah” adalah sebagai berikut.

Pada bacaan tersebut, memang secara khusus berbicara tentang nyamuk dengan tahap-tahap perkembangan dalam hidupnya: nyamuk-telur-larva-jentik-kepompong nyamuk.

Ada beberapa hal yang penting dalam bacaan tersebut, di antaranya berikut.

a. Secara umum, nyamuk merupakan pemakan nectar, yakni cairan manis yang disekresikan oleh bunga tanaman (sari madu bunga).

b. Hanya nyamuk betina yang mengisap darah.

c. Protein darah ini digunakan sebagai bahan makanan telur-telur nyamuk.

d. Sekali bertelur, nyamuk dapat mengeluarkan 300 buah telur yang berupa koloni.

e. Perubahan warna telur nyamuk berfungsi sebagai kamuflase agar tidak mudah terlihat oleh pemangsa.

f. Pada fase jentik, makanan mereka berupa bakteri dan mikroorganisme lainnya. Mereka makan dengan cara membuat pusaran air kecil dalam air.

g. Fase sobeknya kepompong merupakan masa kritis nyamuk, sebab tiupan angin yang sangat lembut sekalipun dapat berakibat kematian bagi nyamuk.

Pengambilan gagasan atau pengetahuan yang terdapat pada bacaan disesuaikan dengan keperluan. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam pengambilan gagasan ataupun pengetahuan dari artikel yang kalian baca diperlukan pemilahan atau penyeleksian.

Sebagai contoh, misalnya kalian akan membuat karya tulis mengenai upaya mencegah demam berdarah dengan cara pemberantasan nyamuk.

Dalam membuat karya tulis tersebut, kalian dapat mengambil gagasan penting yang kalian catat di atas sebagai referensi karya tulis kalian.

Jika kalian masih memerlukan referensi tambahan lain, kalian dapat melengkapinya dengan informasi lain yang mendukung, baik dari sumber yang sama maupun sumber lain yang sesuai.

loading...

0 Response to "Pengertian, Cara dan Contoh Membaca Ekstensif serta Menemukan Gagasan Utamanya"

Post a Comment