Negara Kepulauan di ASIA Tenggara: Vietnam

Loading...
Setelah kamu mengetahui Negara Malaysia dan Singapura maka pembahasan kali ini akan membahas tentang negara negara kepulauan di SIA Tenggara, Perekonomian Vietnam, Sejarah Pemerintahahn Negara Vietnam, keadaan alam Vietnam, iklim, Vietnam dan perekonomian Vietnam.


Negara Vietnam


a. Profil Negara

Nama internasional                  : Republik Sosialis Vietnam
Luas wilayah                            : ± 332.559 km2
Ibu kota                                    : Hanoi
Bentuk pemerintahan               : Republik
Hari kemerdekaan                    : 2 September 1945
Kepala negara                          : Presiden
Kepala pemerintahan                : Perdana menteri
Bahasa resmi                             : Vietnam
Mata uang                                  : Dong
Agama mayoritas penduduk     : Buddha, Katolik, Kristen, Islam, Tao, Animisme
Motto                                        : Kemerdekaan, kebebasan, kebahagiaan
Lagu Kebangsaan                     : Tien Quanca (barisan Tentara Mulai maju)

b. Sejarah dan Bentuk Pemerintahan Negara Vietnam


Vietnam merupakan negara bekas jajahan Prancis. Semula Vietnam merupakan sebuah negara, kemudian terpecah menjadi dua yaitu menjadi Vietnam Utara yang berhaluan komunis dan Vietnam Selatan berhaluan nonkomunis.

Negara Kepulauan di ASIA Tenggara: Vietnam
Gambar: Bentang Alam Negara Vietnam
Pada bulan November 1975 diadakan konferensi penyatuan kembali Vietnam. Konferensi tersebut menyetujui penyatuan kembali Vietnam.

Sehubungan hal tersebut tanggal 12 Juli 1976 ditetapkan mulai berlakunya Vietnam menjadi satu negara yaitu Republik Sosialis Vietnam, dan Hanoi ditetapkan sebagai ibu kotanya.

Vietnam adalah negara ketujuh dari organisasi ASEAN yang masuk pada tanggal 28 juli 1995. Vietnam berbentuk republik sosialis dengan kepala negara seorang presiden dan kepala pemerintahan seorang perdana menteri.

Sedangkan di tingkat provinsi dan distrik pemerintahan dijalankan oleh komite pemerintahan yang dipilih oleh dewan rakyat dan penguasa tertinggi di pemerintahan tingkat daerah.

Tokoh yang terkenal adalah Ho Chi Minh. Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi dan satuan mata uangnya adalah Dong (D).

c. Keadaan Alam

1) Letak, Luas, dan Batas

Negara Vietnam secara astronomis terletak antara 8OLU – 23OLU dan 102OBT-109OBT. Wilayahnya terletak di bagian timur Asia Tenggara.

Wilayah bagian utara berbatasan dengan RRC, bagian timur dan selatan berbatasan dengan Laut Cina Selatan, di bagian barat berbatasan dengan Teluk Siam, Kamboja, dan Laos. Luas wilayah Vietnam adalah 32.559 km2.

2) Iklim

Vietnam beriklim tropis. Di bagian tengah dan selatan udaranya panas sepanjang tahun.
Di bagian utara udaranya dingin selama bulan Desember – Maret. Suhu di daerah selatan
sepanjang tahun rata-rata 28OC, sedangkan di daerah utara sekitar 30OC.

3) Bentang Alam

Vietnam terlatak di Semenanjung Indocina. Negara itu bergunung-gunung dan mempunyai tiga dataran rendah yang luas. Dua pertiga wilayah Vietnam terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi. Hanya di sekitar lembah Sungai Merah tanahnya subur.

a) Wilayah Utara

Di wilayah Vietnam bagian utara terdapat banyak gunung. Selain itu, terdapat Tanah Tinggi Tonkin Timur yang ketinggiannya lebih dari 1.000m di atas permukaan air laut yang dilalui oleh Sungai Song Cay, Sungai Gam, dan Sungai Song Cau.

b) Wilayah Tengah

Di bagian tengah seluruhnya merupakan rangkaian pegunungan yang dinamakan rangkaian Pegunungan Annam.

c) Wilayah Selatan

Di bagian selatan terdapat dataran yang sangat luas, yaitu Delta Sungai Mekong. Sungai Mekong berhulu di Dataran Tinggi Tibet dan merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara (4.160 km).

Ketika mendekati pantai timur sungai itu bercabang-cabang yang masing-masing membentuk delta luas yang membentang dari kota Ho Chi Minh sampai ke Semenanjung Ca Mau.

d) Wilayah Tenggara

Di wilayah ini membujur barisan Pegunungan Annam dengan puncaknya Gunung Ngoc Linh (2.598m) dan Gunung Chu Yang Sin (2.408m). Pegunungan ini kemudian menjadi dataran pantai berpenduduk padat.

d. Penduduk

Jumlah penduduk Vietnam pada tahun 2003 sebanyak 80,8 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan 1,3% per tahun dan kepadatan penduduknya 264 per km2.

Penduduk Vietnam sangat beragam dengan kelompok terbesar adalah orang Vietnam yaitu lebih kurang 88% dari seluruh penduduk. Kelompok-kelompok minoritas terdiri atas beberapa kelompok pendatang dan penduduk asli.

Mayoritas penduduk beragama Buddha, lainnya beragama Katolik Roma, Protestan, Islam, Taoisme dan Animisme. Bahasa resminya adalah bahasa Vietnam, mata uangnya Dong.

Pendidikan di Vietnam sudah tergolong maju, sebab 44% penduduknya sudah bebas buta huruf, universitas terbaik di Vietnam adalah Universitas Ho Chi Minh di Hanoi.

e. Perekonomian


1) Sektor pertanian

Hasil pertanian yang terpenting adalah beras. Hasil pertanian lainnya kopi, teh, gula, jagung, kedelai, kapas, karet, ubi jalar, dan singkong.

2) Sektor Peternakan dan Perikanan

Hasil ternak negara Vietnam terutama kerbau, sapi, babi, dan unggas terus meningkat. Perikanan dipusatkan di Teluk Tonkin dan daerah penangkapan ikannya di Laut Cina Selatan.

3) Perindustrian

Kota-kota penghasil industri antara lain:

Hanoi : pusat utama pabrik semen, mesin, bahan kimia

Haipong : pusat utama gelas, porselin, tekstil

Thai Nguyen : pusat industri besi baja

Nan Dinh : pusat tekstil

Ho Chi Minh City : pusat industri sepeda, rokok, kertas, semen, tekstil, penggilingan padi

Lan Thao : pusat industri superphosfat

Hac Bac : pusat industri nitrogen.

4) Pertambangan

Quang Yen di sebelah utara Hanoi terdapat endapan antrasit yang paling besar di Asia Tenggara. Nong Song (di utara Da Nang) terdapat sedikit endapan batu bara.

Bijih besi ditambang dan diolah di Thai Nguyen (di utara Hanoi) dan di daerah selatan (Thanh Hoa, Vinh, dan Ha Tinh). Barang tambang lain terpenting adalah fosfat (di Cao Cai), timah (di Tinh Tuc), grafit (di Lao Kay), dan emas (di Bong Meiu).

5) Perdagangan

Ekspor utama negara Vietnam adalah : beras, karet, kopi, tebu, batu bara, bijih logam, semen dan ikan. Sedangkan impornya berupa bahan makanan, hasil-hasil industri, minyak, petrokimia, gandum, dan mesin-mesin.

f. Hubungan Bilateral Vietnam dengan Indonesia

Hubungan bilateral antara Vietnam dan Indonesia meliputi hubungan diplomatik, ekonomi, transportasi dan perhubungan, sosial budaya dan pendidikan, serta keamanan.

g. Kerja sama Vietnam dengan Indonesia dalam Skala Regional

Indonesia dan Vietnam sama-sama aktif dalam menggalang kerja sama ASEAN, baik di bidang politik, sosial ekonomi, serta budaya. Selain itu Indonesia dan Vietnam samasama aktif dalam kegiatan SEA Games.

0 Response to "Negara Kepulauan di ASIA Tenggara: Vietnam"

Post a Comment