Menyimpulkan Pesan Pidato yang Didengar

Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan berbagai informasi kepada khalayak ramai.

Pidato dapat dilakukan dalam berbagai konteks keperluan, misalnya: pidato kenegaraan, pidato politik, ceramah ilmiah, ceramah keagamaan, dan lain sebagainya.

Karena pidato dan ceramah sifatnya sekali ucap, maka untuk dapat memahami isi pidato tersebut diperlukan konsentrasi yang sungguh-sungguh.

Supaya kalian makin dapat memahami materi ini, cobalah minta salah seorang teman untuk berperan sebagai narasumber yang menyampaikan pidato berikut ini. Pada saat pidato dibacakan, simaklah dengan baik.

Kalian tidak perlu membaca teks pidato. Kalian cukup mendengarkan pembacaan pidato tersebut.

Contoh Pidato bahasa Indonesia tentang Kehidupan

.

Setelah menyimak pidato di atas, kalian dapat mencatat hal-hal penting yang terdapat dalam pidato yang kalian dengar sebagaimana berikut ini.

1. Hampir 70% waktu kita digunakan untuk berkomunikasi. Itu berarti, kualitas hidup kita banyak ditentukan oleh bagaimana kita berkomunikasi baik dengan diri sendiri, orang lain, maupun dengan Tuhan.
2. Pertengkaran, biasanya diawali oleh sebuah proses komunikasi yang gagal.
3. Munculnya persepsi yang keliru dapat memicu terjadinya pertengkaran.
4. Persepsi yang salah disebabkan oleh kebiasaan buruk, kesalahan persepsi lama yang tidak diluruskan, dan pola saling menyalahkan yang tetap dipertahankan.

Kesimpulan yang dapat kalian ambil dari isi pidato yang kalian dengar adalah pentingnya masalah komunikasi berkaitan dengan kesadaran dan kemauan kita untuk selalu instrospeksi atau mawas diri.

Apakah hari ini kita sudah berusaha meningkatkan kualitas diri kita dari hari kemarin? Karena hampir semua aktivitas kita mulai bangun tidur sampai tidur lagi, tidak pernah lepas dari berkomunikasi.

loading...

0 Response to "Menyimpulkan Pesan Pidato yang Didengar"

Post a Comment