Membaca Memindai Indeks Buku

Pernahkah kalian memanfaatkan indeks dari sebuah buku untuk menemukan informasi yang kalian cari? Bagaimana kalian melakukannya?

Pada sebuah buku biasanya terdapat halaman indeks. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), indeks diartikan daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya pada bagian akhir buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan (2002: 429).

Daftar indeks ini akan sangat berguna bagi pembaca untuk mencari informasi suatu hal secara cepat dan sistematis. Dengan membuka halaman indeks, kita dapat langsung menemukan subjek yang kita cari berikut dengan halamannya.

Supaya lebih memahami penggunaan indeks dalam sebuah buku, perhatikan penjelasan berikut!

Cara Menggunakan Indeks

INDEKS ini sangat berguna untuk mempermudah mencari keterangan di dalam ENSIKLOPEDI NASIONAL INDONESIA (ENI), karena dengan segera Anda akan dapat menemukan suatu entri yang Anda cari. Buku indeks ini juga dapat memperluas wawasan Anda.

Misalnya, pada entri Aristoteles terdapat 38 judul yang mengaitkan sarjana ini dengan filsafat, ilmu bahasa, tata negara biologi, dan sebagainya.

Contoh lain, pada entri Muis, Abdul terdapat sederetan judul yang mengaitkan sastrawan ini dengan berbagai kegiatan politiknya, yang umumnya tidak banyak diketahui.

Oleh karena itu, biasakan melihat buku indeks ini dahulu sebelum melihat entri lengkapnya di dalam ENI (Ensiklopedi Nasional Indonesia).

Judul indeks dicetak dengan huruf tebal dan disusun berdasarkan abjad. Untuk mempermudah mencari judul indeks, pada halaman kiri atas dicantumkan judul indeks pertama. Pada halaman kanan atas tercantum judul indeks terakhir di kaki halaman itu.

Judul indeks umumnya diikuti dengan keterangan yang ditulis dalam tanda kurung kotak. Hal ini perlu karena sering kali judul yang sama menunjuk pada masalah atau hal yang berbeda.

Contoh:
Gelatik [burung] 6:91
Gelatik [pesawat terbang]
Industri Pesawat Terbang Nusantara
(Sejarah Perkembangan IPTN) 7: 145

Apabila nomor jilid dan nomor halaman disertakan langsung pada baris tersebut, ini berarti bahwa judul indeks itu juga menjadi judul artikel pada ENI.

Jadi, pada contoh di atas, pada ENI jilid 6, halaman 91, akan Anda temukan entri berjudul GELATIK yang membahas burung gelatik.

Tetapi pesawat terbang Gelatik tidak dibahas pada entri tersebut, melainkan pada entri INDUSTRI PESAWAT TERBANG NUSANTARA, pada ENI Jilid 7, halaman 145. Kata yang ditulis dalam tanda kurung adalah subjudul entri.

Jadi, Sejarah Perkembangan IPTN adalah subjudul pada entri INDUSTRI PESAWAT TERBANG NUSANTARA.

Keterangan untuk judul kadang-kadang tidak lengkap, tetapi akan menjadi lengkap apabila dibaca bersamaan dengan kalimat di bawahnya.

Contoh:
Karmila [novel karya]
Marga T. 10:159

Judul-judul yang tertera di bawah judul indeks umumnya disusun berdasarkan abjad. Pada indeks sering disertakan rujukan.

Contoh:
Ganefo Lihat Games of the New Emerging
Forces

Artinya, untuk mencari informasi tentang Ganefo, lihatlah entri Games of the New Emerging Forces pada buku indeks ini.

(Sumber: Ensiklopedia Nasional Indonesia, 1997, dengan pengubahan)
Membaca Memindai Indeks Buku
.

Berdasarkan daftar indeks di atas dapat kalian simpulkan bahwa jika hendak mencari informasi mengenai biomassa, maka kalian harus membuka buku ensiklopedia jilid 3 pada halaman 388.

Kalian pasti akan menemukan informasi mengenai biomassa. Informasi yang akan kalian dapatkan pada halaman 388 mengenai biomassa, yaitu berikut.
BIOMASSA secara harfiah berarti massa atau bobot total semua organisme dalam satu daerah. Dilihat dari segi ekologis, tumbuhan yang mensintesis karbohidrat dari karbon dioksida dan air, dan untuk itu menyerap cahaya matahari, disebut produsen. Boleh dikatakan semua organisme (makhluk) lainnya bersifat konsumen. Konsumen tingkat I ialah herbivora (hewan pemakan tumbuhan) yang memakan produsen tersebut, sedangkan karnivora (hewan pemakan daging) adalah konsumen tingkat II.

loading...

1 Response to "Membaca Memindai Indeks Buku "