Latar Belakang Berdirinya ASEAN dan Tujuannya

Loading...
Pembahasan kali ini berisi tentang latar belakang berdirinya ASEAN, Pendiri ASEAN, Tujuan dibentuknya ASEAN, tujuan berdirinya ASEAN, tujuan didirikannya ASEAN, Negara-negara Anggota ASEAN, arti lambang ASEAN, KTT (konferensi tingkat tinggi) ASEAN.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Berdirinya ASEAN dilatarbelakangi oleh faktor-faktor sebagai berikut.

a. Persamaan Letak Geografis

Seluruh negara-negara di Asia Tenggara terletak di antara dua benua, yakni Benua Asia dan Benua Australia, dan di antara dua samudera yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Jadi, berdasarkan letak geografis, negara-negara tersebut merupakan satu regional atau satu kesatuan wilayah.

b. Persamaan Dasar Kebudayaan

Kawasan Asia Tenggara mempunyai dasar kebudayaan dan bahasa serta tata kehidupan dan pergaulan yang hampir sama, karena mereka sebagai pewaris peradaban rumpun Melayu Austronesia.

c. Persamaan Nasib

Negara-negara Asia Tenggara sama-sama dijajah oleh bangsa Barat, kecuali Thailand. Itulah yang menumbuhkan rasa setia kawan antara bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

d. Persamaan Kepentingan

Negara-negara di Asia Tenggara membutuhkan daerah perairan laut, terutama Selat Malaka dan Selat Sunda yang merupakan pintu gerbang di sebelah barat dan menjadi jalan utama bagi lalu lintas serta perdagangan dunia.

Di samping itu, adanya kepentingan bersama baik di bidang ekonomi, sosial-budaya, maupun keamanan dan stabilitas politik kawasan, merupakan latar belakang dibentuknya ASEAN.
Latar Belakang Berdirinya ASEAN dan Tujuannya
Gambar: Lambang ASEAN

Tujuan ASEAN

Di dalam Deklarasi Bangkok tercantum maksud dan tujuan organisasi ASEAN, antara lain sebagai berikut.

a. Meningkatkan ekonomi, sosial, dan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.

b. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara.

c. Meningkatkan kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan ilmu pengetahuan bagi negara-negara anggota ASEAN.

d. Mengadakan kerja sama dalam bidang pertanian, industri, perdagangan dan komunikasi.

e. Menyediakan fasilitas latihan dan penelitian bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

0 Response to "Latar Belakang Berdirinya ASEAN dan Tujuannya"

Post a Comment