Langkah-Langkah Menulis dan Membuat Karya Tulis Ilmiah Yang Baik dan Benar

Pokok pembahasan kali ini adalah tentang langkah-langkah membuat karangan, langkah-langkah membuat karya tulis ilmiah, contoh karangan ilmiah, langkah-langkah penelitian ilmiah, sistematika penulisan karya ilmiah, tata cara penulisan karya ilmiah.

Kerangka karya ilmiah, judul karya ilmiah, cara membuat artikel ilmiah, cara penulisan artikel ilmiah, contoh penulisan karya ilmiah, cara membuat karya tulis dan langkah-langkah penulisan karya ilmiah.

Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah 

Karya tulis merupakah bentuk karangan yang mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan penulisnya dalam satu kesatuan tema yang utuh. Karya tulis yang digolongkan sebagai karya ilmiah merupakan karangan yang didasarkan pada kegiatan ilmiah.

Kegiatan ilmiah dalam hal ini dapat berupa penelitian lapangan, percobaan laboratorium, atau telaah buku.

Unsur-unsur karya karya tulis ilmiah

Sebuah tulisan disebut karya tulis ilmiah apabila mengandung usnur-unsur berikut.

1. Didasarkan pada fakta dan data.

2. Disajikan secara objektif atau apa adanya.

3. Menggunakan bahasa yang lugas dan jelas.

Kemampuan membuat karya tulis ilmiah sangat kalian perlukan dalam proses pembelajaran. Selain itu, karya tulis ilmiah yang baik akan memberikan banyak manfaat bagi diri kalian sendiri dan masyarakat umumnya.

Sumber informasi yang digunakan dalam sebuah karya tulis ilmiah, baik berupa teori, pendapat, atau kutipan lain, harus diungkapkan dengan jelas dan dicantumkan sumber pengambilan tersebut.

Sumber tulisan dapat ditulis secara langsung setelah kutipan atau diletakkan di dalam bagian daftar pustaka. Sebelum berlatih membuat karya tulis ilmiah sederhana yang didasarkan dari berbagai sumber tertulis, perhatikan contoh karya tulis ilmiah di bawah beserta penjelasannya.

Informasi beserta sumber informasi:
Internet adalah sebuah jaringan multimedia yang pengoperasiannya memerlukan seperangkat komputer, modem, dan jaringan telepon atau satelit. (www.juice-boosted.com)
– Dengan hanya berbekal Rp2.000,00 sampai dengan Rp3.500,00 untuk setiap jam di warung internet (warnet), kita memperoleh banyak data yang kita perlukan baik untuk penulisan artikel maupun penelitian. (“Berinternet Gratis dengan JUICE” dalam Suara Merdeka, 30 Agustus 2004).

Contoh Penulisan Karya Ilmiah

Berdasarkan informasi dan sumber informasi di atas, kalian dapat menyusun sebuah tulisan ilmiah sederhana seperti contoh berikut.

=======================================

Pemanfaatan Internet

I. Pendahuluan

Berkembangnya teknologi informatika telah membuka wawasan baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Betapa tidak, berbagai sumber informasi yang kita perlukan kini tersedia di depan mata. Maka, tidaklah mengherankan jika ada yang menyatakan siapa yang menguasai teknologi, dialah yang memainkan peranan penting di kemudian hari.

Keterbukaan akses internet membuka peluang besar bagi dunia pendidikan untuk terus meningkatkan mutunya. Dengan demikian, dituntut peran serta semua civitas akademik mulai guru, siswa, orang tua siswa, dan pemerintah untuk memanfaatkan peluang-peluang yang tersedia melalui media internet.

II. Permasalahan

Bagaimana pola pemanfaatan media internet yang ideal bagi dunia pendidikan?

III. Pembahasan

Pengertian internet Internet adalah sebuah jaringan multimedia yang pengoperasiannya memerlukan seperangkat komputer, modem, dan jaringan telepon atau satelit. Internet merupakan salah satu jendela kita untuk dapat mengetahui berbagai perkembangan dunia ilmu pengetahuan di dunia luar.

Prosedur pencarian data di internet

Cukup hanya memasukkan kata kunci dari data yang kita perlukan, secara otomatis jaringan internet akan mencari dan menampilkan data-data yang kita perlukan. Dengan hanya berbekal Rp2.000,00 sampai dengan Rp3.500,00 untuk setiap jam di warung internet (warnet), kita memperoleh banyak data yang kita perlukan baik untuk penulisan artikel maupun penelitian.

IV. Penutup

Kesimpulan

1. Teknologi internet merupakan perkembangan yang harus diikuti oleh setiap civitas akademik, sehingga kehadirannya mampu memberikan nilai tambah bagi dunia pendidikan.

2. Perlu kesadaran semua pihak bahwa penerapan teknologi multimedia dalam dunia pendidikan penting untuk segera dilakukan sehingga terbentuk sebuah komunitas atau jaringan belajar yang interaktif.

3. Dengan berhasilnya pemanfaatan internet, diharapkan dapat menunjang kreativitas remaja dalam dunia penulisan ilmiah.

Saran

Mengingat pemanfaatan internet masih memerlukan biaya yang tidak sedikit, alangkah baiknya jika pihak sekolah untuk sementara waktu ini memanfaatkan akses internet yang berlangganan. Di tahun 2008, teknologi internet akan lebih mudah dan gratis dengan cara bergabung dalam komunitas JUICE, karena komunitas JUICE mempunyai program khusus yang hanya memanfaatkan line telepon tanpa menggunakan pulsa.

V. Daftar Pustaka

Junaedi, Fajar. 2004. “Berinternet Gratis dengan JUICE” dalam Suara Merdeka. Semarang: Suara Merdeka, 30 Agustus 2004.

sumber: http://www.juiceboosted.com.
=======================================

Contoh karya tulis di atas menggunakan format ilmiah, yaitu dengan menggunakan bahasa baku dan sistematika ilmiah.
Langkah-Langkah Menulis dan Membuat Karya Ilmiah Yang Baik dan Benar
Membuat Karya Ilmiah

Langkah-langkah membuat karya tulis ilmiah

Berdasarkan daftar pustaka, dapat kalian lihat bahwa karya tulis tersebut menggunakan dua sumber, yaitu dari media massa dan internet. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam membuat karya tulis adalah berikut.

1. Tentukan objek yang akan dikaji.

2. Tentukan permasalahan yang akan dibahas dari objek kajian.

3. Kumpulkan sumber-sumber bacaan pendukung baik berupa informasi maupun teori.

4. Analisislah objek kajian dengan mengulas permasalahan yang dikemukakan.

5. Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil analisis.

6. Tulislah sumber bacaan dan lainnya dalam daftar pustaka.

Sistematika penulisan ilmiah.

1. Pendahuluan.

2. Permasalahan.

3. Pembahasan.

4. Penutup: kesimpulan dan saran.

5. Daftar pustaka.

Langkah-langkah menulis karya tulis ilmiah.

1. Menentukan topik yang akan dibahas.

2. Menentukan tujuan pembahasan.

3. Mengumpulkan bahan.

4. Membuat kerangka tulisan.

5. Menyusun kerangka tulisan menjadi karya tulis ilmiah yang utuh dan lengkap.

5 Responses to "Langkah-Langkah Menulis dan Membuat Karya Tulis Ilmiah Yang Baik dan Benar"

  1. Terima kasih ,infonya sangat berguna .saya mau bertanya apakah Ada perbedaan antara karya ilmiah dengan karya tulis?makasih.http://saifmath.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. terima kasih telah memberikan banyak informasi tentang tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  3. panduan karya tulis dikti http://adf.ly/1aqjNt

    ReplyDelete
  4. Sya mhsiswa baru sedng beljr krngan ilmiah . Setelh me umh web ini sy jdi bertambah wawasan thx

    ReplyDelete