Jumlah Kromosom pada Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya

Loading...

Jumlah Kromosom pada Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya

Suatu organisme memiliki bentuk, letak, dan jumlah kromosom yang berbeda dengan organisme lainnya.

Kromosom di dalam inti sel selalu terdiri atas dua perangkat (diploid), kecuali kromosom pada inti sel kelamin (gamet) jantan atau betina yang mempunyai jumlah setengah dari jumlah kromosom seluruh tubuh, yaitu hanya seperangkat (haploid).

Contoh jumlah kromosom dari beberapa organisme terdapat dalam tabel berikut.
Jumlah Kromosom pada Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya
Tabel: Jumlah Kromosom beberapa Makhkuk Hidup

Kromosom pada manusia dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

1) Autosom (kromosom tubuh)

Kromosom autosom adalah kromosom yang tidak ada hubungannya dengan penentuan jenis kelamin. Dari 46 kromosom (23 pasang) di dalam inti sel tubuh manusia, 44 buah (22 pasang) merupakan autosom (2n/diploid).

2)  Gonosom (Seks kromosom)

Sepasang kromosom yang menentukan jenis kelamin (haploid), pada wanita XX dan pada pria XY. Jadi, dalam 46 kromosom manusia terdapat 22 pasang autosom dan sepasang gonosom.

Wanita 22 autosom + XX, dan pria 22 autosom + XY. Sedangkan, dalam sel gamet terdapat satu sel tunggal 22A ditambah 1 kromosom seks X atau Y.

DNA dan RNA

Gen pada makhluk hidup dibentuk oleh suatu susunan kimia yang terdiri atas nukleoprotein yang merupakan senyawa dari asam nukleat dan protein. Asam nukleat terdiri atas dua tipe, yaitu Deoxyribonucleic acid (DNA) dan Ribonucleic acid (RNA).

DNA mengandung informasi genetik suatu makhluk hidup yang akan diturunkan kepada keturunannya. Umumnya, DNA terdapat di dalam kromosom.

Sedangkan, RNA dan protein banyak terdapat di dalam sitoplasma. DNA terdiri atas rangkaian empat jenis unsur molekul atau nukleotida yang tersusun sebagai serat yang membelit secara spiral. RNA memiliki ukuran yang lebih pendek daripada DNA dan berbentuk pita tunggal.

0 Response to "Jumlah Kromosom pada Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya"

Post a Comment