Iklim, keadaan dan Bentang Alam Malaysia

Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas tentang keadaan alam malaysia, bentang alam malaysia, keadaan alam, negara ASIA tenggara, keadaan alam di malaysia, keadaan alam di wilayah Malaysia dan Negara Malaysia

Keadaan Alam Malaysia



1) Letak, Luas, dan Batas

Wilayah Malaysia terbagi menjadi dua bagian, yaitu Malaysia barat terletak pada Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur terletak di Pulau Kalimantan bagian utara.

Luas seluruhnya adalah 330.434 km2. Kedua bagian itu dipisahkan oleh Laut Cina Selatan dan kepulauan yang termasuk wilayah Indonesia.

Luas Malaysia kira-kira seluas 2,5 kali Pulau Jawa, terdiri dari: Malaysia Barat (131.590 km2), Serawak (124.449 km2), Sabah73.711 km2, perairan darat 648 km2 Batas wilayah negara Malaysia.

Malaysia Timur berada pada posisi 1OLU-7OLU dan 109O40’BT – 119OBT.

(1) Sebelah utara dibatasi oleh negara Brunei Darussalam dan Filipina

(2) Sebelah selatan dibatasi oleh negara Indonesia

(3) Sebelah timur dibatasi oleh Laut Sulawesi

(4) Sebelah barat dibatasi oleh laut Cina Selatan dan Indonesia.

Iklim, keadaan dan Bentang Alam Malaysia
Gambar: Peta Negara Malaysia


Malaysia Barat berada pada posisi 1OLU – 7OLU dan 100OBT – 104O02’BT.

(1) Sebelah utara dibatasi oleh negara Muangthai

(2) Sebelah selatan dibatasi oleh negara Singapura dan Indonesia.

(3) Sebelah timur dibatasi oleh Laut Cina Selatan

(4) Sebelah barat dibatasi oleh Selat Malaka.

2) Iklim

Malaysia beriklim Af, yaitu daerah panas yang mendapatkan hujan sepanjang tahun, sehingga merupakan daerah hutan berhujan tropis.

Iklim Malaysia timur hampir sama dengan iklim di Indonesia, yaitu beriklim tropis dengan hujan sepanjang tahun, sedangkan Malaysia barat beriklim muson tropis.

3) Bentang Alam

Kondisi bentang alam Malaysia, kita bedakan menjadi bagian-bagian berikut.

a) Malaysia bagian barat

(1) Di daerah ini trdapat deretan pegunungan tidak vulkanis, membujur di tengahtengah tanah semenanjung, dengan batuan granit dan batuan gamping.

(2) Tanah rendah yang terbentang di sebelah barat deretan pegunungan merupakan daerah pertanian utama, menjadi pusat pertambangan, dan padat penduduknya.

(3) Tanah rendah yang terbentang di sebelah timur deretan pegunungan, sebagian besar berpaya-paya dan banyak diliputi oleh hutan lebat. Maka tidak cocok untuk bercocok tanam.

b) Malaysia bagian timur

(1) Dataran rendah terbentang di sepanjang pantai, berpaya-paya, dan ditumbuhi hutan bakau.

(2) Deretan pegunungan yang paling tinggi di kawasan Malaysia membujur dari wilayah Serawak sampai Sabah, dengan puncaknya yang tertinggi bernama Gunung Kinibalu (4101m)

Gunung yang ada di Malaysia barat yaitu Gunung Batu Puteh, Gunung Chamah, Gunung Korbu, dan Gunung Tahan.

Malaysia timur terdiri dari pegunungan dengan puncaknya yaitu Gunung Kinibalu (4.101m) merupakan puncak tertinggi di Malaysia.

Datarannya sempit dan sungai yang mengalir yaitu Sungai Kinabatangan, Sungai Rajang, dan Sungai Baram. Sungai-sungai in berfungsi untuk irigasi.

Dataran rendah alluvial yang subur terdapat di pantai selatan dan barat Semenanjung Malaysia, sedangkan pantai berawa-rawa terdapat di daerah Sabah.

Pegunungan terdapat di bagian tengah Semenanjung Malaysia dan daerah pedalaman Sabah dan Serawak. Bagian pantai barat, pantai timur, dan pantai selatan berupa dataran rendah yang terdiri atas tanah alluvial.

0 Response to "Iklim, keadaan dan Bentang Alam Malaysia"

Post a Comment