Contoh Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif Beberapa Narasumber Pada Tayangan Televisi

Loading...
Loading...
Dialog interaktif adalah kegiatan bertanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi.

Berdialog dengan narasumber dapat disebut juga sebagai kegiatan wawancara. Di dalam dialog interaktif tersebut tentunya terdapat isi yang perlu untuk dipahami.

Berdasarkan dialog tersebut, kalian dapat menyimpulkan isi dialog dengan baik.

Perhatikan Contoh Dialog di Bawah ini

A : Bagaimana volume ekspor mobil di tahun ini, Pak?

B : Industri otomotif nasional terus melaju. Selain pasar dalam negeri kian membaik, produsen dalam negeri pun serius melebarkan sayap ke mancanegara.

Dalam beberapa tahun terakhir, volume ekspor mobil terus meningkat. Bahkan, tahun ini diprediksi melonjak. Gaikindo memproyeksikan dapat menembus 100 ribu unit.

A : Apakah yang menjadi faktor pemicu tingginya volume ekspor mobil?

B : Ekspor mobil memang terkait dengan komitmen prinsipiil. Misalnya, komitmen prinsipiil Suzuki di Jepang yang menunjuk Indonesia sebagai basis produksi APV atau Daihatsu dengan Gran Max. Saya melihat komitmen itu cukup besar, bahkan dapat diikuti oleh prinsipiil lain.

A : Siapakah yang menjadi pembidik pasar mobil di Indonesia, Pak?

B : Salah satu produsen yang serius membidik pasar ekspor adalah Suzuki. Tahun lalu, Indomobil Group yang memayungi Suzuki di Indonesia mengekspor 17 ribu APV. Tahun ini, angkanya bakal ditingkatkan hingga di atas 20 ribu unit.

A : Sebenarnya apakah manfaat dari pasar ekspor tersebut?

C : Pasar ekspor menjadi tolok ukur kualitas produk yang dihasilkan produsen di Indonesia apakah sudah memenuhi standar internasional. Buktinya APV dapat diekspor ke 62 negara. Saat ini, Indomobil mengekspor APV ke berbagai negara seperti Australia, Afrika Selatan, India, Pakistan, serta negara di kawasan ASEAN, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

A : Apa yang telah dicapai Indonesia dengan ekspor mobil sekarang ini?

C : Satu hal yang menggembirakan, local content atau komponen lokal Suzuki APV yang diekspor sudah mencapai 76 persen. Angka tersebut merupakan angka tertinggi untuk semua produk yang diekspor. 

Ini membanggakan. Selain APV, ekspor Chery QQ ke Malaysia dan Thailand di atas 100 unit per bulan. Untuk Cherry QQ, komponen lokalnya 40 persen, mulai velg, ban, hingga
bahan interior. Kami juga menyiapkan truk Hino.

A : Lalu, bagaimanakah kinerja ekspor nantinya berkaitan dengan ekonomi yang terjadi di dunia, utamanya di Indonesia?

B : Gaikindo menyadari ancaman perlambatan ekonomi dunia menyusul gejala resesi di AS. Namun, kami berharap ini tidak berpengaruh terhadap kinerja ekspor otomotif nasional. Di samping itu, komitmen prinsipiil menunjuk Indonesia sebagai basis produksi harus diimbangi pemerintah.

A : Maksudnya?

B : Maksud kami harus didukung infrastruktur penunjang. Adanya pelabuhan khusus ekspor mobil di Tanjung Priok, Jakarta, memang sudah cukup bagus. Namun, kami berharap agar pemerintah terus mengembangkan infrastruktur lain seperti akses dari jalan tol ke pelabuhan ataupun lahan parkir di pelabuhan. Hal itu harus segera mulai disiapkan untuk mengantisipasi terus meningkatnya volume ekspor mobil.
(Sumber: Jawa Pos, 24 Maret 2008, dengan pengubahan)
Contoh Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif Beberapa Narasumber Pada Tayangan Televisi
Dialog Interaktif di TV

Setelah menyimak dialog selanjutnya, hal-hal penting dalam dialog yang perlu kalian catat adalah berikut.

1. Industri otomotif nasional terus melaju. Dalam beberapa tahun terakhir, volume ekspor mobil terus meningkat. Bahkan, tahun ini diprediksi melonjak.

2. Ekspor mobil terkait dengan komitmen prinsipiil. Jepang menunjuk Indonesia sebagai basis produksi APV atau Daihatsu dengan Gran Max.

3. Pasar ekspor menjadi tolok ukur kualitas produk yang dihasilkan produsen di Indonesia apakah sudah memenuhi standar internasional. Sebagai bukti APV dapat diekspor ke 62 negara. Saat ini, Indomobil mengekspor APV ke berbagai negara seperti Australia, Afrika Selatan, India, Pakistan, serta negara di kawasan ASEAN, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

4. Hal yang menggembirakan, local content atau komponen lokal Suzuki APV yang diekspor sudah mencapai 76 persen. Selain APV, ekspor Chery QQ ke Malaysia dan Thailand di atas 100 unit per bulan. Untuk Cherry QQ, komponen lokalnya 40 persen, mulai velg, ban, hingga bahan interior. Ekspor mobil juga menyiapkan truk Hino.

5. Gaikindo menyadari ancaman perlambatan ekonomi dunia menyusul gejala resesi di AS. Namun, mereka berharap ini tidak berpengaruh terhadap kinerja ekspor otomotif nasional.

6. Indonesia sebagai basis produksi harus didukung infrastruktur penunjang seperti akses dari jalan tol ke pelabuhan ataupun lahan parkir di pelabuhan. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi terus meningkatnya volume ekspor mobil.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa isi dialog tersebut adalah berikut.

Industri otomotif nasional terus melaju dan siap melebarkan sayap ke mancanegara. Hal ini terkait dengan komitmen prinsipiil Suzuki di Jepang yang menunjuk Indonesia sebagai basis produksi APV atau Daihatsu dengan Gran Max. Pasar ekspor menjadi tolok ukur kualitas produk yang dihasilkan produsen di Indonesia, berkaitan apakah sudah memenuhi standar internasional. Dalam hubungannya dengan perlambatan ekonomi, industri otomotif tersebut berharap agar tidak berpengaruh terhadap kinerja ekspor otomotif nasional. Dalam perkembangannya, diperlukan dukungan infrastruktur penunjang dari pemerintah, seperti akses dari jalan tol ke pelabuhan ataupun lahan parkir di pelabuhan. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi terus meningkatnya volume ekspor mobil.”

Loading...

0 Response to "Contoh Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif Beberapa Narasumber Pada Tayangan Televisi "

Post a Comment