Contoh Kalimat Fakta dan Kalimat Opini dalam Iklan

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang contoh iklan opini, contoh iklan fakta, iklan opini, contoh kalimat opini dalam iklan, contoh paragraf opini, contoh opini dalam iklan, contoh fakta dalam iklan, contoh berita opini, kalimat fakta dalam iklan, teks opini, teks iklan, contoh kalimat opini umum, iklan fakta, contoh kalimat fakta dalam iklan dan contoh artikel opini.

Membaca Intensif Teks Iklan di Surat Kabar

Iklan merupakan pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa atau di tempat umum.

Berdasarkan jenisnya, iklan dibedakan atas:

1) iklan layanan masyarakat, misalnya imbauan menjaga kelestarian hutan;

2) iklan niaga, misalnya penawaran produk obat; serta

3) iklan keluarga, misalnya iklan duka cita.

Pernahkah kalian mencermati kalimat-kalimat yang termuat dalam sebuah iklan? Apakah yang kalian temukan? Adakah kalimat yang merupakan fakta? Atau adakah kalimat yang merupakan opini?

Perlu kalian ingat bahwa sebelum menentukan fakta dan opini dari sebuah iklan, kalian harus memahami perbedaan di antara keduanya.

Fakta adalah hal (peristiwa, keadaan) yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar ada atau terjadi. Adapun opini merupakan pendapat, pemikiran, atau sikap terhadap faktafakta. Setelah memahami perbedaan antara fakta dengan opini, perhatikanlah iklan berikut dengan saksama iklan di bawah ini!
Contoh Kalimat Fakta dan Kalimat Opini dalam Iklan
Contoh Iklan

Berdasarkan iklan di atas, kalian dapat mencermati kalimat-kalimat yang termasuk fakta dan opini.

Fakta dalam teks iklan di atas terdapat pada kalimat berikut.

1. PT Hunter Douglas Indonesia adalah salah satu unit dari Hunter Douglas Internasional.

2. Perusahaan ini bergerak di bidang produk arsitektural, penutup tirai jendela premium, dan produk-produk interior lainnya.

3. Dalam rangka ekspansi usaha dengan adanya akuisisi produk-produk interior yang baru, maka perusahaan saat ini sedang mencari beberapa tenaga pemasaran yang menguasai bahasa Inggris dan telah berpengalaman memasarkan dan menjual produk-produk interior.

4. Email: cg_168@yahoo.co.uk

Opini dalam teks iklan di atas terdapat pada kalimat berikut.

1. Diutamakan yang mempunyai latar belakang pendidikan arsitektur atau desain interior dan mempunyai banyak relasi dengan para arsitek dan desainer interior.

2. Bagi Anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi di atas, harap mengirimkan lamaran dan CV melalui alamat email di bawah ini.

Loading...

2 Responses to "Contoh Kalimat Fakta dan Kalimat Opini dalam Iklan"