Contoh Cara Menyimpulkan dan Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato

Loading...
Loading...
Tentu kalian pernah mendengarkan pidato, baik dalam acara sekolah maupun acara di masyarakat, bukan? Bagaimanakah isi pidato yang kalian dengar? Bagaimanakah komentar terhadap isi pidato dan penyampaiannya?

Kalian harus dapat memberikan penilaian terhadap isi pidato dan penyampaiannya. Coba perhatikanlah penyampaian pidato berikut yang dilakukan oleh teman kalian.

Contoh pidato bahasa Indonesia tentang kesehatan

.

Menyimpulkan isi pidato

Setelah mendengar teks pidato yang disampaikan teman kalian di depan kelas, ada beberapa hal penting mengenai isi pidato yang dapat kalian catat, yaitu berikut.

1. Ada beberapa sebab timbulnya jerawat, yakni sebagai akibat aktivitas kelenjar lemak yang hebat, ditambah gangguan pelepasan kulit yang kurang bagus, dan juga faktor adanya bakteri di permukaan kulit.

2. Beberapa cara penanggulangan jerawat yakni secara alami dengan sering membersihkan muka dan secara kimiawi dengan pemberian antibiotik dosis rendah sebagai obat penekan populasi bakteri penyebab jerawat.

3. Untuk pemakaian obat-obatan kimiawi perlu juga diperhatikan kondisi kulit masing-masing, karena ada tipe kulit kering dan ada juga kulit yang berminyak, sehingga pemakaian obat-obatan kimianya pun perlu disesuaikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato

Setelah berlatih menyimpulkan isi pidato, kalian dapat memberikan sebuah komentar. Perlu kalian ingat bahwa penilaian harus memiliki sifat positif. Artinya, komentar memberikan masukan yang baik dan membangun, tidak menjatuhkan.

Berikut contoh komentar terhadap isi dan cara menyampaikan pidato.

1. Isi pidato

Isi pidato tersebut sangat bagus. Pidato tersebut menginformasikan kepada para pendengar mengenai kesehatan kulit wajah, yaitu mengenai jerawat dan cara penanggulangannya.

Masalah mengenai kulit wajah merupakan salah satu permasalahan yang dekat dengan para remaja, sehingga informasinya mampu menarik para remaja untuk mendengarkannya.

Isi pidato disampaikan dengan bahasa yang baik dan komunikatif, sehingga isi pidato dapat dengan mudah dipahami.

2. Cara menyampaikan pidato

Pidato disampaikan dengan pelafalan dan intonasi yang tepat. Dalam menyampaikan pidato, beliau menyertakan ekspresi yang tepat, sehingga pidato disampaikan dengan tidak monoton.

Loading...

1 Response to "Contoh Cara Menyimpulkan dan Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato"