Contoh Cara Mengapresiasi dan Mengkritik Karya Sastra Seni

Loading...
Loading...
Pokok pembahasan kali ini adalah tentang mengkritik karya seni, fungsi seni rupa, apresiasi seni rupa, gambar kritikan, karya seni ruma terapan nusantara, contoh karya seni rupa terapan, contoh krtitik sastra, pengertian kritik dan apresiasi sastra.

Memuji dan Mengkritik Berbagai Karya

Pernahkah kalian memberikan penilaian terhadap sebuah karya seni? Apa yang kalian ungkapkan untuk memuji atau mengkritik karya tersebut? Pada pelajaran ini, kita akan belajar menyampaikan kritik atau pujian terhadap sebuah karya atau produk.

Setiap hasil karya pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian terhadap sebuah karya haruslah objektif atau berdasarkan fakta-fakta dan tidak memihak.

Pengungkapan pujian terhadap kelebihan sebuah karya sebaiknya tidak berlebihan dan tidak menjatuhkan karya lain. Demikian juga dalam menyampaikan kritik terhadap kekurangan yang ada.

Kritik terhadap sebuah karya sebaiknya bersifat membangun, tidak menjatuhkan, dan tidak sekadar mengemukakan kekurangan yang ada. Kritik sebaiknya disampaikan dengan bahasa yang santun dan komunikatif. Selain itu, kritik perlu juga disertai dengan solusi atau alternatif pemecahannya.

Perhatikan contoh beberapa ungkapan pujian ataupun kritik terhadap sebuah hasil karya seni berikut ini!
Contoh Cara Mengapresiasi dan Mengkritik Karya Sastra Seni
Batik

Setelah mengamati karya tersebut dengan cermat, pasti kalian akan mendapatkan kesan mengenai karya tersebut, baik kelebihan maupun kekurangannya. Penilaian tentang kelebihan yang berupa pujian terhadap karya tersebut dapat kalian ungkapkan sebagaimana contoh berikut.

Lukisan bunga pada kain tersebut benar-benar bagus dan menarik. Meskipun digambar secara sederhana, lukisan tersebut dapat menghidupkan kain. Artinya warna kain yang pada dasarnya gelap menjadi cerah dengan kehadiran lukisan bunga tersebut. Hal ini dikarenakan oleh kekontrasan pewarnaan pada lukisan bunga dengan warna kainnya.

Penilaian terhadap kekurangan yang ada dalam lukisan tersebut harus kalian ungkapkan secara objektif. Contoh ungkapan penilaian mengenai kekurangan dari karya tersebut adalah berikut.

1. Lukisan tersebut memang menarik, tetapi objek yang digambarkan terlalu sederhana. Jenis bunga sepatu menjadi objeknya. Padahal, jenis bunga lain yang lebih indah dapat dijadikan sebuah objek lukisan yang bagus. Hal inilah yang menyebabkan lukisan ini terkesan terlalu sederhana. 
2. Pengambilan warna bunga yang kurang tegas. Hal ini membuat penikmat seni berpikir seakan pelukis kurang antusias dalam melukis, karena pencoretan warna pada hasil karya dapat mengekspresikan perasaan.

Loading...

0 Response to "Contoh Cara Mengapresiasi dan Mengkritik Karya Sastra Seni"

Post a Comment