Cara Kerja dan Fungsi Paru-paru sebagai Alat Ekskresi

Loading...
Manusia dan beberapa makhluk lainnya menggunakan paru-paru sebagai alat pernapasan. Paru-paru merupakan salah satu organ ekskresi dalam tubuh.

Manusia memiliki sepasang paru-paru, yaitu paru-paru kiri dan kanan. Paru-paru tersebut memiliki fungsi utama sebagai alat pernapasan yang berhubungan erat dengan sistem ekskresi.

Dengan bernapas, kamu mengambil O2 dari udara dan mengeluarkan CO2 dan H2O. Paru-paru melakukan proses pengambilan oksigen dari udara luar melalui rongga hidung.

Kapasitas oksigen yang dibutuhkan oleh paru-paru seseorang tergantung pada berbagai hal, seperti jenis pekerjaan dan ukuran tubuh.

Cara Kerja dan Fungsi Paru-paru sebagai Alat Ekskresi
Paru-paru
Oksigen yang diambil dari udara luar melalui hidung akan digunakan untuk proses oksidasi zat dalam sel-sel tubuh. Oksigen masuk kedalam sel tubuh melalui kapiler darah dan diikat oleh hemoglobin.

Selanjutnya akan terjadi proses oksidasi bahan makanan yang akan menghasilkan energi penting bagi tubuh. Energi yang dihasilkan oleh tubuh akan digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Bagaimana dengan zat lain yang tidak dimanfaatkan oleh tubuh? Karbondioksida dan uap air sebagai sisa metabolisme akan menjadi zat sampah atau racun bagi tubuh.

Oleh sebab itu harus diekskresikan keluar tubuh kembali melalui hidung. Itulah sebabnya, selain sebagai alat penapasan paru-paru juga berfungsi sebagai alat alat ekskresi bagi tubuh manusia.

Kesimpulannya, di dalam paru-paru terjadi proses pertukaran oksigen dengan gas karbondioksida. Sisa metabolisme di jaringan berupa karbon dioksida dan air diangkut oleh darah ke paru-paru untuk dibuang dengan cara difusi di alveolus.

Di alveolus banyak pembuluh kapiler yang memiliki selapis sel sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan baik.

Oksigen dalam sel darah merah dibebaskan kemudian mengikat gas karbondioksida untuk dibawa ke paru-paru untuk dikeluarkan kembali melalui rongga hidung. Selain itu, paru-paru juga akan mengekskresikan uap air sebagai hasil ekskresi paru-paru.


0 Response to "Cara Kerja dan Fungsi Paru-paru sebagai Alat Ekskresi"

Post a Comment